Ditolak Belasan Kali di Indonesia, Remaja Asal Jogja Ini Malah Diundang Google
Jogja Dab! , November 23, 2017, Unisi Radio

Meski penelitiannya sempat ditolak 11 kali di berbagai ajang kompetisi di Indonesia, Christopher Farrel Millenio Kusuma, siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta ini pantang menyerah. Awal tahun ini Farrel justru mendapat undangan dari salah satu perusahaan kelas dunia, Google.

Remaja berusia 17 tahun ini mengaku mendapat undangan dari Google karena penelitiannya tentang “Data Compression using EG and Neural Network Algorithm for Lossless Data”. Dari mulai tanggal 15- 20 Februari 2017, Farrel berada di kantor Google Mountain View, California, Amerika. Selama di kantor Google, Farrel mempresentasikan penelitiannya di hadapan seluruh peserta dari berbagai negara yang lolos.

Ide awal penelitiannya datang saat Farrel ingin mengunduh sebuah game, namun kuota data yang dimilikinya terbatas. Ia pun kepikiran bagaimana caranya mengecilkan game itu agar bisa main. Dari keinginannya main game tersebut, Christopher Farrel Millenio lalu mulai mencari di internet cara mengecilkan data. Dari pencariannya itu, Farrel menemukan data compression atau pemampatan data.

[source: kompas.com]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + 3 =