Kuliah Manajemen Strategi Pemasaran di Unisi Radio
News , July 28, 2011, admin

Meskipun saat ini tidak ada lagi Semester Pendek, tetapi Ruang Kuliah Pasca Sarjana di Kawasan Kampus UII Demangan Baru hari Senin (25 Juli 2011) meriah. Karena para penyiar dan management Radio Unisi, hari itu kuliah bersama dalam mata kuliah Management Strategi  Periklanan.  Memang hanya 2 SKS atau 2 jam pertemuan saja, tetapi kuliah hari itu sangat banyak informasi yang didapatkan. Dosennyapun sangat luar biasa, kali ini dosen tamu didatangkan dari Mindshare, Bapak Teguh  Dan asisten dosennya Mas Rio Saputra. Keduanya membeberkan secara blak-blakan bagaimana persepsi biro iklan memandang radio, biro iklan memilih radio, sampai bagaimana radio harus membangun kreativitas dan kinerjanya. Dalam paparannya Mas Teguh memerinci betapa kecilnya kue iklan yang tersedia bagi radio, dengan kecilnya inilah maka bagi biro iklan sangat hati-hati untuk menempatkan iklannya. Rating AC Nielsen yang selama ini jadi momoknya radio, bagi biro iklan yang menaunginya bukan merupakan satu-satunya barometer untuk memilih radio. Namun Mas Teguh lebih konsen terhadap bagaimana radio memiliki posisioning tepat dan sesuai terhadap produk yang tengah dipasarkan.

Radio juga bukan lagi harus mampu memasarkan program siarannya, karena program radio satu kelainnya umumnya sama, karena itu  beliau mengingatkan bahwa radio juga harus mampu menciptakan inovasi-inovasi produk off air. Kini klien banyak yang menuntut bahwa radio harus mampu menginformasikan sekaligus memasarkan produk. Maka dengan demikian  kemampuan tim off air menjadi salah satu hal penting dipunyai radio saat ini. Dalam memberikan kuliahnya dikatakan bahwa tim off ir tidak hanya harus mampu mengeksekusi acara yang telah disiapkan (orderkan) dari biro iklan, tetapi hendaknya tim off air juga mampu menyusun proposal. Proposal menurut Mas Teguh tidak perlu berlembar-lembar, namun singkat tetapi mudah dipahami, serta harus sesuai dengan waktu promosi produk yang tengah dipromosikan. Cara-cara menghitung harga iklan (commercial rate) juga dibeberkan, mulai bagaimana menentukan harga, sampai strategi radio menghitung diskon yang diberikan pada klien.

Terhadap kinerja Tim Off Air Unisi yang telah merampungkan acara Roadshow Sunsilk Conditioner Fabulous Kost Girls  selama 5 bulan, pihak WPP cukup puas. Karena peserta yang mengikuti acara ini sungguh diluar dugaaan, dan antusias para follower yang mendukung jagoannya juga luar biasa. Ini menunjukan bahwa tim off air Unisi telah mampu membangun kerja yang solid, karena untuk menggerakan masa dengan media jejaring social (Facebook, twitter) merupakan pekerjaan yang tidak gampang. Untuk inilah pihak WPP memberikan hadiah tersendiri bagi tim off air Unisi, ternyata kerja mereka lebih baik dibanding radio lain yang mengerjakan program yang sama.

Ini luar biasa demikian komentar Pak Yahya (Dirut Unisi) , karena baru kali ini kita tau bagaimana dapur dan pemikiran biro iklan dibuka tanpa tedeng aling-aling. “Ini bisa menjadikan strategi kita kedepan dalam  merancang program dan pemasaran” tandasnya.  Dua puluhan crew radio Unisi yang rata-rata berpendidikan dan lulusan S1 dan S2 yang mengikuti kuliah kali ini merasa puas, karena materi kuliah belum pernah mereka temui dibangku kuliah sebelumnya. Terima kasih Mas Teguh dan Mas Rio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 2 =