5 Pertanyaan yang Bisa Kamu Tanyakan Saat Wawancara Kerja
Unisi News , October 30, 2014, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja : Unisi News

wawancara

Tiap kali kamu melamar suatu pekerjaan, maka kamu akan menemui yang namanya tes wawancara. Wawancara sendiri berarti sesi tanya jawab dua arah. Sudah selayaknya kalau yang mengajukan pertanyaan dan menjawab harus dari dua pihak, yaitu si pelamar kerja dan si pewawancara.

Seorang perekrut yang menulis untuk Inc.com, Jerome Ternynck berpendapat bahwa pelamar yang berani mengajukan pertanyaan punya peluang lebih besar untuk diterima kerja. Nah, ini dia beberapa pertanyaan yang bisa kamu tanyakan sewaktu wawancara berlangsung:

1. “Jika diterima, peran apa yang akan saya jalankan dalam perusahaan ini?“

Kalau kamu hanya tahu tentang tugas-tugas, hak, dan kewajiban karyawan di perusahaan itu secara umum, gak ada salahnya untuk menggali lebih dalam tentang peran apa yang sebenarnya akan kamu mainkan dalam strategi bisnis perusahaan tersebut.

Seberapa besar sih kesempatanmu untuk berkontribusi di perusahaan? Apakah kamu akan menggantikan seseorang yang keluar, atau hanya menjadi anggota baru dalam tim? Apa perusahaan ini membutuhkan ide-ide segar dari otakmu, atau memintamu mengikuti pakem yang sudah ada? Pertanyaan semacam itu akan memancing sang perekrut untuk menjelaskan peranmu secara komprehensif, hingga akan tercipta percakapan berkualitas antar kalian.

2. “Seberapa signifikan peran ini bagi perkembangan perusahaan secara keseluruhan?“

Gunakan pertanyaan ini untuk mengetahui seberapa besar perusahaan mengharapkanmu terlibat dalam kemajuan perusahaan. Kamu tentunya ingin melihat perusahaanmu tumbuh setelah kamu bergabung, ‘kan? Begitu juga dengan para perekrut. Mereka ingin kamu terlibat untuk membantu memajukan perusahaan.

Dengan mengajukan pertanyaan ini, kamu akan bisa menilai sendiri seberapa besar ekspektasi perusahaan tentang pengaruh baik yang bisa kamu ciptakan. Apakah itu sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki? Apa kamu siap ketika semua mata tertuju padamu ketika kamu bekerja buruk?

wawancara 2
3. “Seperti apa kolega kerja saya nantinya?“

Ketika diterima di perusahaan, kemungkinan besar kamu akan bekerja dalam tim. Jadi penting bagimu untuk tahu siapa saja yang akan bekerjasama bareng kamu nanti. Selidiki cara mereka bekerja, bagaimana mereka berkomunikasi, dan kebiasaan mereka membagi tugas. Jika memungkinkan, cari tahu juga dinamika apa yang terjadi dalam tim tersebut. Ingat, orang-orang inilah yang akan kamu temui setiap hari selama berjam-jam. Kamu harus membiasakan diri dan merasa nyaman dengan bagaimana mereka bekerja.

4. “Apa yang bisa saya lakukan demi kebaikan kinerja tim?“
Dengan pertanyaaan di atas, sang perekrut akan melihatmu sebagai pemain tim ulung — yang rela menempatkan keberhasilan tim di atas ambisi pribadi. Dari jawaban yang diberikan oleh perekrut, kamu juga akan mendapatkan gambaran yang pasti soal dinamika kerja dalam kelompok tersebut, kepada siapa kamu harus bertanya saat kesulitan, dan siapa saja yang akan mengandalkanmu untuk 1-2 hal tertentu. Dengan mengetahui hal-hal ini sebelum mulai bekerja, kamu akan lebih mudah beradaptasi dan mengimbangi ritme kerja yang sudah ada sebelumnya.

5. “Skill tambahan apa yang perlu saya kuasai untuk pekerjaan ini?“ Skill apa yang harus saya punya?

Cari tahu apa yang sedang perusahaan butuhkan. Misalnya, kamu melamar sebagai desainer di perusahaan desain. Mungkin kamu jago merancang dengan bantuan digital, tapi bukan gak mungkin kalau perusahaan tersebut memintamu merancang gambar dengan pensil dan kertas aja. Alasannya, itu yang sedang mereka butuhkan. Hal-hal kecil bersifat teknis ini harus kamu ketahui sebelum memulai kerja. Melemparkan pertanyaan ini juga bisa membantumu menunjukkan soft skill apa aja yang sudah kamu kuasai, yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang kamu lamar.

Nah, udah jelas kan kenapa kamu harus ajukan pertanyaan diatas? Selamat mencoba, Intelektual Muda 🙂

[Teks: ulinaizna | Sumber: hipwee.com]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − 7 =