Baby Tree Friends Earth Hour Jogja
Unisi News , February 25, 2014, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja : Unisi News

baby tree 1

Sabtu, 22 Februari lalu Earth Hour Jogja mengadakan event Baby Tree Friends, yaitu mengajak masyarakat untuk menjadi adopter bagi bibit-bibit yang telah disediakan oleh EH Jogja dan didapatkan dari Kebun Lintang Panglipuran serta Kehutanan UGM. Event ini untuk menyambut acara utama Earth Hour Jogja, yaitu penghematan energi dengan cara mematikan lampu selama satu jam yang akan diadakan pada tanggal 29 Maret mendatang.

Untuk tahun ini EH Jogja menyediakan bibit Gmelina dan juga bibit Durian yang berjumlah sebanyak 150 bibit. Para adopter pun datang dari berbagai kalangan, mulai dari ahli kuliner, bapak Bondan Winarno hingga penulis Windy Ariestanty dan berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Madiun dan masih banyak lagi. Lokasi yang dipilih adalah Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Desa ini dipilih sebagai lokasi penanaman karena berpotensi sebagai desa agrowisata dan beberapa titik di daerah ini sudah mulai tandus akibat beberapa mata air yang mati. Selain itu juga di desa tersebut sudah ada kelompok tani hutan yang akan merawatnya. Harapannya, tanaman-tanaman yang ditanam tersebut dapat membantu ekonomi warga sekitar.

baby tree 2

Pelaksanaan penanaman Baby Tree Friends yang dibuka oleh perwakilan dari Kelompok Tani Hutan (KTH) Jasema, Ibu Rubikem itu dibagi menjadi tiga kelompok. Dua kelompok menanam durian, dan satu kelompok lain menanam gmelina. Ibu Rubikem juga berpesan bahwa mari maju bersama-sama dengan Earth Hour Jogja 🙂

(foto diambil dari @EHJogja)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 19 =