EVENING JAMZ – POP UP NEWS: Selamatkan BlackBerry, John Chen Jadi Runner Up ‘CEO of The Year’
Unisi News , December 24, 2014, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Unisi News

00063780

BlackBerry boleh saja hampir mati beberapa tahun belakangan karena kalah pamor dari vendor smartphone-smartphone lokal yang semakin kuat. Namun jangan abaikan kekuatan CEO John Chen yang berhasil menyelamatkan perusahaannya.

Karena ketangguhannya, Chen disebut sebagai runner up “CEO of The Year” dari CNN. Meski kalah dari CEO Apple Tim Cook yang menduduki posisi puncak, pencapaian Chen ini sudah cukup mengejutkan.

Tahun lalu, Chen bahkan dianggap sebagai ikon lama yang siap dilupakan. Namun ia berhasil membalik keadaan dengan meluncurkan smartphone khusus bisnis BB Passport yang memudahkan pengguna membaca spreadsheet, email dan segala sesuatunya dalam layar smartphone 4,5 incinya. Ia juga baru saja merilis BB Classic yang memiliki desain “basic” dengan trackpad.

Tak sampai di situ saja, pria berdarah Hong Kong dan Tiongkok ini juga memanfaatkan aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger untuk digunakan di berbagai platform lain seperti iOS, Android dan Windows Phone. Terakhir kali, BBM juga menambah fitur aplikasinya dengan menjual BlackBerry Sticker yang bisa digunakan dalam pesan.

Dengan segala upaya tersebut, perusahaan Kanada itu berhasil menaikkan pangsa pasar hingga 35 persen tahun ini. Chen sendiri meyakini bahwa perusahaan tersebut tak akan gulung tikar di bawah pimpinannya.

Sebelum memimpin BlackBerry, Chen juga pernah mengambil alih kehancuran Sybase. Setelah keadaan perusahaan itu membaik, ia menjualnya pada SAP dan mendapat USD 5,8 miliar atau setara dengan Rp 72,4 triliun.

wowkeren.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × five =