Fakultas Farmasi UGM Gelar Seminar Internasional Farmasi dan Maritim
News , September 8, 2015, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Campus Reporting News

ugm

Melihat besarnya potensi laut yang ada di Indonesia, Fakultas Farmasi UGM gelar seminar internasional tentang industri farmasi dan kemaritiman The 4th International Conference on Pharmacy and Advanced Pharmaceutical Sciences (ICPAPS). Mengangkat tema “Integrating Sosio-entrepreneurship in Marine Development for Sustainable Pharmacy”, acara ini digelar selama dua hari 7-8 September 2015 di Hotel Sheraton Yogyakarta.

Ketua panitia seminar Dr rer nat Triana Hertiani MSi Apt mengatakan untuk tahun ini, seminar yang menjadi agenda dua tahunan dari Fakultas Farmasi UGM itu difokuskan pada bahan farmasi dari laut, karena potensi laut Indonesia sangat besar tapi baru sedikit yabg dimanfaatkan untuk dunia farmasi, kosmetik maupun suplemen.Dia mencontohkan limbah kepiting kerang dapat digunakan untuk bahan baku obat, lalu spons koral juga ada yang berpktensi sebagai bahan baku obat mulai anti kanker hingga anti radang. Selain itu limbah fillet ikan juga bisa digunakan sebagai substitusi gelatin untuk bahan bak kapsul.

“Hasilnya kita ingin memberikan rekomendasi terkait industri farmasi kemaritiman kepada pemerintah dan pemangku kebijakan,” ujarnya Senin (7/9/2015).

Karenanya dalam seminar kali ini pihaknya mengundang mantan Menko Maritim Indroyono Susilo

sebagai keynote speaker, sebagai seorang mantan menteri tentunya dia juga memahami pandangan pemerintah akan arah kemaritiman kita. Selain Indroyono seminar kali ini juga akan diisi oleh pemateri dari luar negeri seperti Belanda, Jerman, Spanyol dan lainnya yang akan membawakan materi tentang farmasi dan kemaritiman.

“Kalau di Indonesia memang masih sedikit perkembangannya, kalau di luar negeri sudah lebih banyak,” ujarnya. Dia berharap seminar kali ini akan menciptakan jejaring nasional dan internasional dalam diseminasi perkembangan ilmu dan teknologi farmasi serta menghasilkan rekomendasi terkait industri farmasi kemaritiman.

tribunjogja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 4 =