Fashion Escapade 2015 : The Legacy
Jogja Dab! , May 28, 2015, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Jogja Dab

IMG_4783 (Custom)

Tepat seminggu yang lalu Kamis, 21 Mei 2015, Sheraton Mustika Yogyakaerta Resort & Spa menggandeng 4 orang desainer berbakat dari Yogyakarta dan Semarang, telah mengadakan Fashion Escapade 2015 : The Legacy, sebuah perhelatan akbar pertunjukan busana yang mengangkat kain dan motif khas Indonesia, bukan hanya dari Jawa saja, namun juga dari Kalimantan, dan juga daerah lain di Indonesia. Event ini mengangkat tema yang sangat Indonesia, sesuai dengan semangat Kebangkitan Nasional yang diperingati pada 20 Mei 2015, sehari sebelumnya. Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa ingin menunjukkan bahwa kain dan motif khas Indonesia mampu menjadi sebuah adikarya di tangan para desainer berbakat ini. Desainer-desainer yang mengambil bagian dalam perhelatan ini adalah Pandanarum, Mia Ridwan, Ariesanthi, dan Ferry Setiawan.

Pandanarum dengan label Pandan Design-nya adalah seorang desainer muda berbakat dari Semarang yang pada acara ini mengangkat tema Aufklarung, yang dalam Bahasa Indonesia berarti pencerahan. Pandan menampilkan kebaya-kebaya Indonesia yang lebih berani dalam paduan warna dan kain. Karya-karya yang ditampilkan Pandan sangat muda, dan sangat Indonesia.

IMG_4565 (Custom)

Mia Ridwan, desainer senior Yogyakarta yang juga anggota APPMI Yogyakarta, mengangkat tema Simple City. Hal yang menginspirasi Mia Ridwan dengan brand House of Mia adalah kehidupan masyarakat perkotaan yang dinamis yang dituntut untuk serba cepat dalam bertindak termasuk berbusana. House of Mia menghadirkan hijab-hijab yang syar’i namu tetap glamour dan fashionable.

Ada yang berbeda dalam pagelaran busana kali ini, Tyas Ariesanthi mengangkat budaya Dayak dalam koleksi Apokayan. Apokayan adalah suatu daerah di Kalimantan Utara yang turut bergabung bersama Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan. Tyas Ariesanthi mampu menciptakan suasana hutan Kalimantan dengan karya-karya yang dihadirkan pada Fashion Escapade 2015 : The Legacy ini. Motif – motif serta ornament khas Dayak yang dibawakan oleh model – model Yogyakarta, tampil anggun dan mempesona di atas panggung.
Gelaran Fashion Escapade 2015 : The Legacy ini ditutup dengan koleksi terbaru dari desainer Semarang, Ferry Setiawan. Ferry Setiawan mengusung Juliette sebagai tema koleksinya. Kisah hidup dan cinta Romeo dan Juliette menginspirasi Ferry Setiawan dalam menciptakan adikarya kebaya yang anggun dan mewah dengan taburan kristal dan beads. Ferry Setiawan dengan koleksinya telah membius para pecinta fashion yang memadati area lobby timur Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa. Jepretan kamera para wartawan dan pemburu foto tidak berhenti berkedip untuk mengabadikan tampilan karya yang luar biasa ini.

Dalam acara ini, Sheraton Mustika Yogyakarta juga memperkenalkan signature selection barunya, yaitu Mustika Jamu Cake & Mousse, inovasi baru dari Sheraton untuk menikmati jamu. Cake yang lembut dipadu dengan citarasa jamu yang berkhasiat, menjadi suatu paduan unik dan menyehatkan. Mustika Jamu Cake ini dihadirkan ke atas pentas oleh 4 penari gambyong dengan diiringi gamelan, sehingga tercipta suasana yang sakral dan kentaldengan aura Jawa-nya. Para tamu yang hadir juga diajak untuk mencicipi cake yang memiliki berbagai varian ini, yaitu Beras Kencur Mustika Cake, Kunir Asem Mustika Cake, Gula Asem Mustika Cake, dan Mustika Jamu Mousse.

Selanjutnya di akhir acara, Sheraton melelang sebagian dari karya yang ditampilkan pada malam itu dan hasilnya akan disumbangkan ke panti-panti sosial dan panti jompo dalam memperingati Hari Lanjut Usia Nasional yang jatuh pada 29 Mei 2015 nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − eight =