Fast Break 16 Oktober 2015 jam 17.00
FastBreak , October 16, 2015, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Fast Break

fb sore

Indonesia Siap Gelar TAFISA World Games 2016

Indonesia sangat serius mempersiapkan diri menghadapi The Association For International Sport for All (TAFISA) World Games 2016 yang akan digelar di Jakarta pada 6-12 Oktober, dan melibatkan 110 negara peserta.

Untuk menyukseskan ajang yang disebut sebagai olimpiade-nya olahraga rekreasi itu, Presiden Indonesia Joko Widodo telah menetapkan Keputusan Presiden tentang Panitia Pengarah dan Panitia Penyelenggara The 6th TAFISA World Sport for All Games 2016 yang melibatkan 11 kementerian dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia serta Federasi Olahraga Rekreasi-Masyarakat Indonesia (FORMI).

“Dengan demikian, Pemerintah Indonesia berkomitmen dan mendukung penuh penyelenggaraan TAFISA World Games 2016 yang secara teknis bekerja sama dengan Forminas (FORMI Nasional). Akan diyakini juga bahwa seluruh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jakarta, saat ini tengah bersiap untuk menyukseskan event tersebut,” kata Menpora Imam Nahrawi saat memberikan sambutan pada Kongres TAFISA di Budapest, Hongaria, Kamis (15/10/2015).

Di hadapan 3.000 peserta undangan yang hadir dari 73 negara, termasuk Hongaria sebagai tuan rumah, Menpora menjelasan bahwa di Indonesia, olahraga rekreasi termasuk di dalamnya olahraga tradisional telah menjadi bagian strategis program pemerintah. Olahraga tersebut tidak hanya untuk meningkatkan kebugaran jasmani masyarakat, tetapi juga sebagai salah satu instrumen pembangunan karakter bangsa melalui revolusi mental, yang merupakan salah satu program utama Presiden Indonesia Joko Widodo.

Imam Nahrawi berharap ajang tersebut dapat dijadikan momentum untuk mencapai suatu konsensus global bagi kemitraan strategis yang diikat oleh gerakan olahraga masyarakat dan olahraga tradisional melalui Global Summit on Sport for All yang menghasilkan Jakarta Charter untuk meningkatkan peranan strategis dalam upaya mempercepat pencapaian sasaran pembangunan berkelanjutan.

Dalam Kongres TAFISA di Budapest, Menpora juga telah menyampaikan laporan kesiapan Indonesia bagi pelaksanaan TAFISA World Games di Jakarta.

Mengingat waktu pelaksanaan tinggal sekitar setahun lagi, Menpora pada kesempatan Kongres TAFISA tersebut juga telah menyampaikan undangan atas nama pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk datang dan berpartisipasi dalam ajang The 6th TAFISA World Sport for All Games 2016 di Jakarta, dengan prinsip untuk bersama-sama menyatukan perbedaan dalam kerangka Sport for All Games 2016.

Tidak hanya mempromosikan Jakarta sebagai tempat penyelenggaraan TAFISA World Games, Menpora juga mempromosikan sejumlah obyek wisata terkenal di Indonesia, seperti Bali, Lombok, Pulau Komodo, Candi Borobudur, dan Raja Ampat.

kompas.com

===================================

Publik Bisa Awasi Pilkada Serentak Lewat Kawalpilkada.id

Menjelang pemilihan kepala daerah serentak pada Desember mendatang, sebuah situs www.kawalpilkada.id diluncurkan sebagai sarana media untuk mengawasi jalannya pilkada. Masyarakat pun diajak berpartipasi menjadi relawan untuk menyukseskan pesta demokrasi rakyat tersebut.

Pembuat situs, Khairul Anshar dari Code4 Nation, mengatakan situs ciptaannya merupakan media partisipasi publik yang mengusung prinsip transparan dan akuntabel. Menurut dia, siapa saja bisa bergabung di situsnya untuk menjadi relawan pemantau pilkada.

Sejauh ini ada 149 relawan yang sudah pasti terlibat menjadi pemantau pilkada di daerah mereka masing-masing. Sementara jumlah relawan yang mendaftar ke sistem pemantau www.kawalpilkada.id tercatat sudah sekitar 300 orang dari seluruh Indonesia.

“Ini bukan kerja kami sendiri. Ini adalah kolaborasi bersama untuk pesta demokrasi yang lebih berkualitas untuk publik,” ujar Khairul.

Selain untuk pengawasan, situs www.kawalpilkada.id memuat berbagai fitur dari mulai profil detail, rekam jejak, dana kampanye pasangan calon hingga pengaduan pelanggaran pilkada. Selanjutnya mulai 9 Desember, situs juga akan memuat real count penghitungan hasil suara pilkada.

Titi Anggraini, Direktur Eksekutif Perludem, menyebutkan situs kawapilkada.id merupakan bentuk partisipasi aktif masyarakat dalam membantu penyelenggara pemilu, yakni Komisi Pemilihan Umum, melakukan sosialisasi pilkada serentak 2015.

“Dengan keterlibatan banyak pihak dalam menyosialisasikan profil calon, latar belakang, visi, misi, dan program mereka, diharapkan pemilih tidak hanya pasif, tapi sebaliknya bisa menjadi pemilih yang berdaya,” kata Titi.

Pilkada serentak pertama kali dalam sejarah demokrasi Indonesia akan digelar 9 Desember 2015. Sebanyak 53 persen dari total wilayah di Indonesia, yakni 269 daerah yang terdiri dari 9 provinsi dan 260 kota/kabupaten akan menentukan kepala daerah.

cnnindonesia.com

===============================

Badan Informasi Geospasial Buat Peta Seluruh Desa Se-Indonesia

Badan Informasi Geospasial (BIG) tengah membuat peta ulang seluruh desa dan kelurahan di Indonesia menggunakan citra tegak resolusi tinggi (orthorektifikasi). Ditarget peta ulang tersebut selesai dalam beberapa tahun mendatang, sedangkan khusus di Temanggung ditarget selesai sebelum akhir tahun 2015.

“Teknologi ini sangat akurat bisa melihat dengan jelas permukaan bumi, kesalahannya berkisar 30 – 50 centimeter,” kata Kepala Pusat Pemetaan Batas Wilayah BIG Tri Patmasari MSi, Kamis (15/10).

Dia mengatakan itu pada temu kerja ajudikasi pemasangan pilar dan pembuatan peta wilayah kelurahan dan desa di Kabupaten Temanggung yang dilangsungkan di Graha Bhumi Phala, yang dihadiri kades, perangkat desa dan camat se Kabupaten Temanggung.

Dikatakan berdasar Permendagri no 56 tahun 2015 desa dan kelurahan di Indonesia berjumlah 83.184. Terbanyak di Jateng (8.559) diikuti Jatim (8.501), Aceh (6.474), Jabar 5.962 dan Papua (5.529) dengan jumlah tersedikit DKI (267).

“Dalam pembuatan peta nantinya akan disepakati batas desa, dengan berpedoman citra tegak resolusi tinggi, yang menghadirkan perangkat desa yang bersebelahan agar kedepan tidak ada konflik batas wilayah,” katanya, sembari mengatakan tim BIG akan diterjunkan ke desa untuk pembuatan peta dengan target selesai sebelum akhir 2015.

krjogja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × four =