Fast Break 19 Agustus 2014 jam 10.00
FastBreak , August 19, 2014, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Fast Break

Jalur Pendakian Lawu Bakal Dibuka Hari Ini

LAWU

Jalur pendakian Gunung Lawu dari pintu masuk Cemoro Sewu, Kabupaten Magetan, Jawa Timur Sewu bakal dibuka hari ini, 19 Agustus 2014. Hingga kemarin siang, tim gabungan yang terdiri dari Perum Perhutani, TNI AD, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan sudah tidak lagi menemukan adanya bara api.

“Kami tadi melakukan pengecekan lagi ke atas (jalur pendakian) dan sudah tidak menemukan api dalam sekam. Kemungkinan jalur dibuka besok,” kata Kepala BPBD Magetan Agung Lewis, Senin, 18 Agustus 2014.

Jalur pendakian Gunung Lawu ditutup selama dua hari, sejak Ahad, 17 Agustus 2014 hingga kemarin. Penutupan ini akibat terbakarnya hutan di sekitar pos 4 dan 5 pada Sabtu malam, 16 Agustus 2014. Perisitiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Sekitar 800 pendaki yang sudah terlanjur naik berhasil turun dengan selamat melalui Cemoro Sewu maupun Cemoro Kandang, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Meski demikian, sejumlah petugas dan relawan tetap bersiaga di pos-pos pendakian. Mereka memantau kemungkinan terjadinya kebakaran hutan yang berpotensi meningkat saat musim kemarau ini. Untuk mengantisipasi kebakaran , tim gabungan dari beberapa pemangku kepentingan itu melarang menghidupkan api di dalam hutan kepada para pendaki.

Kebakaran hutan lereng Gunung Lawu pada akhir pekan lalu diduga akibat kelalaian salah satu kelompok pendaki yang hendak memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 69. Salah satu kelompok itu disinyalir meninggalkan kayu bekas api unggun yang masih membara. Di saat angin bertiup kencang, bara itu menimbulkan api hingga membakar tanaman perdu, alang-alang, dan semak belukar.

Dugaan penyebab kebakaran ini disayangkan oleh Robby Sarwanto, sesama pendaki. “Masih banyak orang-orang yang ceroboh. Ada yang ngrokok tidak dimatikan puntungnya,” kata Robby.

tempo.co

================================================================================

Indonesia Masih Melaju di Bulu Tangkis Olimpiade Remaja

Memasuki pertandingan kedua di babak penyisihan grup F di Youth Olympic 2014, pebulutangkis tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting masih belum menemukan hambatan berarti. Wakil Indonesia yang berusia 18 tahun ini sementara masih menduduki puncak klasemen grup F dengan memenangkan dua laga.

Laga perdana dimenangkan Anthony atas Devins Nestar Mananga Nzoussi (Kongo), 21-6, 21-4. Pada pertandingan kedua yang berlangsung pagi ini, Senin (18/8), Anthony menundukkan Abdelrahman Abdelhakim (Mesir), 21-9, 21-11.

“Lawan-lawan saya di dua pertandingan terakhir memang kelasnya masih dibawah saya, tetapi saya tidak mau lengah. Youth Olympic adalah turnamen penting dan ini adalah kesempatan terakhir saya di olimpiade junior, saya harus tetap berkonsentrasi,” ujar Anthony yang dihubungi di Nanjing, Tiongkok.

Anthony hanya butuh satu kemenangan lagi untuk menjadi juara grup F dan melaju ke babak perempat final. Hanya satu pemain terbaik dari delapan grup yang berhak untuk bertanding di babak delapan besar. Pada pertandingan terakhir di grup F, Anthony akan berjumpa dengan wakil dari Sri Lanka, Sachin Premashan Dias Angodavidanalage.

“Meskipun menghadapi pemain dari Sri Lanka, tapi saya tidak mau menganggap enteng lawan. Buat saya yang penting sekarang saya bisa menjaga kondisi selama bertanding di olimpiade junior, hingga saat ini kondisi saya fit. Cuacanya di sini agak dingin, tetapi tidak dingin sekali,” ujar peraih medali perunggu BWF World Junior Championships 2014 ini.

Pertemuan tersebut akan menjadi pertemuan kedua antara Anthony dan Sachin. Sebelumnya, Anthony pernah mengalahkan Sachin ada ajang pertandingan beregu campuran BWF World Junior Championships 2014, dengan skor 21-10, 21-9.

Jika menjadi juara grup, Anthony akan berjumpa dengan juara grup E yang kemungkinan besar akan diraih oleh wakil dari Jepang, Kanta Tsuneyama. Sementara itu, para pemain tunggal di Olympic Youth 2014 juga diwajibkan untuk bertanding di nomor ganda campuran dengan pasangan yang berasal dari negara lain.

Anthony mendapat partner asal Slovenia, Katarina Beton. Kiprah kedua pemain ini bisa dibilang cukup baik. Pada hari pertama, Anthony/Katarina menang atas Max Weisskirchen (Jerman) /Rugshaar Ishaak (Suriname), 21-16, 21-8. Sementara pertandingan kedua belum dimainkan.

Di sektor tunggal putri, Ruselli Hartawan juga melewati laga penyisihan dengan baik. Ia memetik dua kemenangan, yang pertama atas Joy Lai (Australia), 21-13, 22-20 dan selanjutnya atas Magda Konieczna (Polandia), 21-10, 21-4.

Sama seperti Anthony, Ruselli pun bermain di nomor ganda campuran bersama Daniel Guda (Australia). Daniel/Ruselli menang atas Devins Nestar Mananga Nzoussi (Kongo)/Mia Blichfeldt (Denmark), 21-8, 21-6. Di laga kedua, pasangan gado-gado ini juga menang straight game dari Enrique Penalver (Spanyol) /Chlorie Cadeau (Seychelles) , 21-12, 21-19.

kompas.com

================================================================================

Samsung Konfirmasi Bangun Pabrik di Jawa Barat

Samsung Electronics Co Ltd. berencana untuk membangun pabrik telepon genggam di Indonesia, yang merupakan salah satu pasar ponsel potensial saat ini.

Samsung, yang telah memiliki pabrik di Cina dan Vietnam, masih merahasiakan mengenai besaran investasi yang akan ditanamkan di Indonsia.

“Kami telah membahas rencana ini dengan pemerintah Indonesia untuk memproduksi ponsel bagi pasar domestik,” demikian bunyi penjelasan yang diterima Reuters pada Senin, 18 Agustus 2014. “Kami ingin memenuhi kebutuhan ponsel pasar domestiks secara efektif.”

Reuters tidak mengungkapkan identitas pejabat Samsung yang memberikan penjelasan itu. Namun, media ini menambahkan bahwa perusahaan asal Korea Selatan itu bakal memproduksi sekitar 900 ribu unit ponsel per bulan di pabrik yang bakal di bangun di Jawa Barat.

Ini mengutip penjelasan dari Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi, Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi. Rencananya, pada tahap awal, Samsung akan memproduksi sektiar 100 ribu unit per bulan menjelang akhir tahun ini.

Menurut Reuters, Samsung belum menjelaskan jenis ponsel genggam yang akan diproduksinya: ponsel cerdas, yang menggunakan layar sentuh, atau ponsel fitur, yang memiliki teknologi lebih sederhana.

Pasar Indonesia memang sangat menarik bagi Samsung karena meningkatnya jumlah pengguna ponsel. Beberapa tahun terakhir ini, penjualan ponsel cerdas bermerek Galaxy mengalami kenaikan di Indonesia, termasuk di sejumlah negara lainnya.

Penduduk berusia dibawah 30 tahun berjumlah lebih dari setengah populasi Indonesia, yang saat ini sekitar 240 juta orang. Sekitar 20 persen dari mereka ini telah menggunakan ponsel cerdas. Ada analisis bahwa penggunaan ponsel cerdas akan meningkat hingga 50 persen sebelum 2020.

Selain Samsung, Foxconn, yang merupakan pabrik pembuatan ponsel dan tablet asal Taiwan, juga telah lama menyatakan minat untuk membuka pabrik di Indonesia. Namun, manajemen baru akan merealisasikan setelah terbentuknya pemerintahan baru.

Pemerintah berencna mengenakan pajak 20 persen untuk ponsel cerdas yang dijual pada harga Rp 5 juta ke atas. Ini bagian dari upaya untuk mengendalikan masuknya produk ponsel impor.

tempo.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − twelve =