Fast Break 21 September 2015 jam 10.00
FastBreak , September 21, 2015, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Fast Break

Sebastian Vettel Menjuarai Grand Prix F1 di Singapura

grand prix

Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel meraih hasil sempurna dalam ajang balap formula satu (F1) Grand Prix Singapura, Minggu (20/9) malam.

Ia berhasil menjadi yang terdepan dan berdiri di atas podium pertama dalam ajang balap di sirkuit jalanan tersebut. Vettel sendiri mengawali balap dari posisi pole.

Vettel finish pertama di susul pebalap Red Bull Daniel Ricciardo. Rekan satu tim Vettel, Kimi Raikkonen, ada di urutan ketiga.

Kemenangan di Singapura itu adalah kemenangan ketiga Vettel di musim balap tahun ini. Selain itu, ini pun menjadi keberhasilan bagi Ferrari karena dua pebalapnya berada di podium.

Kemenangan itu membuat jumlah poin Vettel di klasemen pebalap tinggal selisih 49 poin lagi dengan Hamilton di sisa enam seri tersisa.

Sementara itu peringkat pertama klasemen pebalap saat ini Lewis Hamilton harus mundur dari ajang balap itu karena persoalan pada mobilnya.

Pebalap Mercedes itu kehilangan tenaga pada mobilnya pada lap ke-23. Saat itu Hamilton sendiri berada di urutan keempat. Ini adalah untuk pertama kalinya Hamilton tak dapat finish sejak GP Belgia pada 2014 silam.

Rekan satu tim Hamilton yang juga peringkat kedua di klasemen pebalap, Nico Rosberg hanya mampu finish di urutan keempat. Hal itu membuat ia memiliki selisih 41 poin dengan Hamilton.

cnnindonesia.com

================================================================================

Pengunduh Film dan Musik Ilegal Bakal Diancam Pemutusan Jaringan Internet Selamanya

Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf berencana menerapkan sistem peringatan beserta sanksi tegas terhadap masyarakat yang mengunduh lagu atau film secara ilegal melalui internet.

“Download lagu atau film ilegal sanksinya diputus selamanya internetnya. Di Korea, peringatan pertamanya itu, enggak bisa main internet lagi,” ucapnya kepada wartawan seusai pertemuan antara Satgas Anti-Pembajakan Badan Ekonomi Kreatif dengan Bareskrim di Mabes Polri, Jumat (18/9/2015).

Ayah artis musik Sherina Munaf itu mengatakan, sistem peringatan unduh ilegal tersebut bisa diadaptasi dari cara Perancis dan Korea Selatan dalam mencegah publik melakukan unduh atau download karya musik dan film dengan hak cipta tanpa izin.

“Di Perancis sama Korea, itu sudah efektif sekali. Ada lima kali peringatan dengan alert system,” kata dia.

“Jadi, kalau kita men-download satu musik atau film, tiba-tiba ada peringatan ‘Anda sedang men-download ilegal konten’. Sanksinya, ‘Kalau Anda masih melakukan, kecepatan internet Anda akan diturunkan’,” ujarnya.

Artinya, kata Triawan lagi, yang disasar bukan yang mengunggah karya film atau musik secara ilegal, melainkan yang mengunduh. Sebab, menurut dia, sekarang pembajakan begitu rentan, selalu banyak cara membajak suatu karya seni. Agar bisa mewujudkan sistem peringatan bagi pengunduh ilegal itu, Badan Ekonomi Kreatif harus bekerja sama dengan ISP atau internet service provider.

“Terus lagu-lagu dan film-film ini didaftarkan. Begitu ada yang ilegal, bukan situsnya ditutup, melainkan orang yang men-download diberi peringatan,” ujarnya.

kompas.com

================================================================================

Kuota Haji Indonesia Tahun 2016 Bertambah 20.000

Indonesia mendapat tambahan 20.000 kuota haji tahun depan dari kuota normal.

Kepastian itu dikemukan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada malam taaruf dengan petugas haji Indonesia di Mekkah, Arab Saudi, Minggu malam, yang juga dihadiri Ketua DPR-RI Setya Novanto, Wakil Ketua DPR-RI Fahri Hamzah, dan Wakil Ketua DPR-RI Fadli Zon, serta pejabat instansi terkait lainnya.

“Tadi pagi Menteri Haji (Arab Saudi) telepon, Indonesia tahun depan dapat tambahan 20 ribu jemaah,” katanya.

Menurut dia, penambahan tersebut merupakan akumulasi tahun ini, dimana Indonesia mendapat tambahan kuota 10 ribu jemaah, namun karena diberitahunya mepet yaitu seminggu sebelum “closing date” masuk Mekkah, maka kuota tersebut tidak terpakai sehingga menjadi tambahan kuota tahun 2016.

Sedangkan tambahan 10 ribu jemaah lagi merupakan hasil pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Raja Salman. Raja Salman setuju penambahan kuota 10 ribu jemaah untuk Indonesia.

Menag juga menyampaikan tahun 2016 Kementerian Haji Arab Saudi juga telah menginformasikan, perluasan Masjidil Haram diperkirakan selesai sebelum musim haji tahun depan.

“Seluruh negara termasuk Indonesia, akan mendapat kembali kuota secara normal,” katanya.

Sejak 2013 seiring dengan perluasan Masjidil Haram kuota haji Indonesia maupun negara lain dipotong sekitar 20 persen. Hal itu menyebabkan Indonesia dalam kurun waktu 2013-2015 hanya mendapat kuota 168.800 jamaah dari sebelumnya sekitar 210.000 jamaah.

“Kuota haji dihitung berdasarkan satu per seratus dari total umat muslim di suatu negara,” ujar Menag.

Penjelasan Menag tersebut menjawab pertanyaan Wakil Ketua DPR-RI Fahri Hamzah yang juga Tim Pengawas Pelaksanaan Haji tentang kepastian tambahan kuota haji.

“Saya harapkan tambahan itu dari kuota lama. Itu akan mengurangi (jemaah) antri yang begitu panjang,” ujar Fahri yang datang masih pakaian ihram.

Ia juga berjanji DPR akan bekerja sama dengan pemerintah dan DPD untuk merumuskan metode penyelenggaraan dan pengawasan yang mampu memberikan layanan lebih baik lagi kepada jamaah Indonesia pada musim haji 2016.

kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + fourteen =