Fast Break 24 September 2015 jam 10.00
FastBreak , September 24, 2015, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Fast Break

Wall Street turun terseret data lemah Tiongkok

20130920wall-street-001

Wall Street ditutup turun pada Rabu (Kamis pagi WIB), dengan ekuitas terkait minyak bumi khususnya melemah menyusul laporan yang menunjukkan aktivitas pabrik Tiongkok berada di tingkat paling rendah dalam lebih dari enam tahun.

Dow Jones Industrial Average turun 50,58 poin (0,31 persen) menjadi berakhir di 16.279,89.

Indeks berbasis luas S&P 500 turun 3,98 poin (0,20 persen) menjadi ditutup pada 1.938,76, sementara indeks komposit teknologi Nasdaq turun tipis 3,98 poin (0,08 persen) menjadi 4.752,74.

Sebuah data awal indeks pembelian manajer kegiatan manufaktur Tiongkok untuk September turun menjadi 47,0 dari 47,5 pada Agustus, angka terendah sejak Maret 2009.

Saham-saham terkait minyak bumi anjlok karena harga minyak turun, sebagian akibat data manufaktur Tiongkok yang lemah. Anggota Dow Chevron turun 1,5 persen, Apache turun 3,5 persen dan perusahaan pengeboran Transocean jatuh 5,7 persen.

Anggota Dow Boeing turun 1,7 persen, meskipun mengumumkan rekor pesanan oleh kelompok perusahaan Tiongkok untuk pembelian 300 pesawat senilai 38 miliar dolar AS. Pengumuman bertepatan dengan kunjungan Presiden Xi Jinping ke pabrik Boeing di dekat Seattle.

Perusahaan-perusahaan Tiongkok yang tercatat di AS jatuh, termasuk raksasa Internet Alibaba turun 3,1 persen, perusahaan pencarian internet Baidu turun 2,8 persen) dan pengecer daring JD.com jatuh 4,5 persen.

Facebook naik 1,1 persen di tengah berita bahwa platform Instagram berbagi fotonya melampaui 400 juta pengguna.

Harga obligasi jatuh. Imbal hasil pada obligasi pemerintah AS berjangka 10-tahun naik menjadi 2,15 persen dari 2,14 persen pada Selasa, sementara pada obligasi 30-tahun naik menjadi 2,95 persen dari 2,94 persen. Harga dan imbal hasil obligasi bergerak berlawanan arah, demikian AFP.

antaranews.com

—————————————————————————————————————————————–

Salat Idul Adha di Tolikara Aman

Pelaksanaan salat Idul Adha 1436 H di Karubaga, ibu kota Kabupaten Tolikara, Kamis (24/9/2015) berlangsung aman.

Melansir Antara, salat yang dipusatkan di Masjid Chaerul Ummah yang terletak di samping Koramil Karubaga itu diikuti oleh ratusan umat Islam yang ada di Karubaga. Shalat Idul Adha di Masjid Chaerul Ummah dipimpin oleh iman Syekh Aleh Shaleh Muhammad Ali Djabir dan khotib Fadlan Germatan.

Tampak di antara para jamaah, Mensos Khofifah Indar Parawansa. Seusai salat Idul Adha kemudian dilakukan penyerahan hewan kurban dari Mensos kepada imam mesjid Karubaga Ali Mukhtar.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw kepada Antara juga mengakui pelaksanaan shalat Idul Adha berlangsung dengan aman. Memang hujan sempat mengguyur Karubaga, namun umat Islam tetap mengikuti ibadah sunnah itu dengan khidmat.

“Puji Tuhan, pelaksanaan shalat Idul Adha aman,” kata Irjen Pol Waterpauw.

metrotvnews.com

—————————————————————————————————————————————–

KRL Jakarta-Bogor sudah beroperasi normal

Kereta rel listrik (KRL) tujuan Jakarta-Bogor dan Jakarta-Bekasi sudah beroperasi normal pukul 06.20 WIB usai evakuasi kecelakaan dua KRL di Stasiun Juanda pada Rabu (23/9) sore.

“Pukul 06.20 WIB proses evakuasi KRL yang mengalami kecelakaan di Stasiun Juanda telah selesai dilakukan. Dua jalur lintas Jakarta Kota melalui Manggarai telah dapat dilalui KRL,” kata Manajer Komunikasi PT KAI Commuter Jabodetabek Eva Chairunisa di Jakarta, Kamis.

Sebelumnya, ratusan pekerja dari berbagai dipo kereta api dikerahkan untuk mengevakuasi KRL di peron Jakarta-Bogor Stasiun Juanda pascakecelakaan dua KRL 1154 dan 1156 yang terjadi sekitar pukul 15.15 WIB.

antaranews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × three =