Fast Break 29 September 2014 jam 17.00
Uncategorized , September 29, 2014, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Fast Break

Pendapatan Parkir Malioboro Ditarget Rp 2,2 Miliar

malioboro (2)

Kepala UPT Malioboro, Syarief Teguh, mengaku optimistis target pendapatan parkir di kawasan Malioboro senilai Rp 2,2 miliar bakal tercapai. Meski demikian dia mengakui belakangan ini pendapatan mengalami penurunan, bahkan hingga 50 persen.

Penurunan pendapatan parkir tepi jalan Malioboro tersebut, menurutnya, tidak lepas dari pengaruh secara psikologis atas rencana revitalisasi parkir portable serta beberapa kantung parkir lainnya di kawasan tersebut.

“Penurunan kelihatan per bulannya. Biasanya dulu Rp 150 juta per bulan, sekarang ini Rp 138 juta per bulan,” katanya pekan kemarin.

Penurunan drastis bahkan terlihat pada Juni dan Juli lalu. Disebutkan, pendapatan parkir per bulan hanya Rp 100 jutaan. Hal itu, menurutnya, efek dari kegelisahan rencana revitalisasi perparkiran di Malioboro.

“Namun kami optimistis. Kami genjot lah. Harus tercapai karena masih ada sisa waktu,” kata Syarief.

Syarief mengaku akan memanfaatkan waktu sekitar dua bulan hingga akhir tahun untuk meningkatkan pendapatan. Tertundanya revitalisasi, menurutnya, tidak akan berpengaruh selama para juru parkir optimistis.

“Buktinya sejak Juli lalu, sekarang mulai ada kenaikan. Yakin tercapai,” ujarnya.

tribunjogja.com

========================================================================================

Malam Nanti, Jogja International Street Performance di TBY

Rangkaian pertunjukan Dance on stage Jogja International Street Performance (JISP) digelar di Concert Hall Taman Budaya mulai pukul 19.30 WIB. Pada acara nanti malam, selain penari asal Indonesia sebagai tuan rumah, tampil juga sejumlah penari asing yang berpartisipasi dalam JISP 2014.

Mereka berasal dari dari Jepang, Malaysia, Spanyol, Singapura, India, Canada, Philipina, Ukraina. Sedangkan Indonesia sebagai tuan rumah mewakilkan peserta dari Jakarta, Bandung, Kalimantan, Cirebon.

Khusus untuk nanti malam akan tampil Lena Gus Lina Performance (Bandung), Heki Atsushi Performance (Jepang), Cakil Squad (Jogja), Hideshima (Jepang), Era Dance feat Bimo Dance (Singapura) dan ada perwakilan dari Lampung dan Kalimantan. (iwe)

tribunjogja.com

========================================================================================

Jawa Tengah Operasikan Bus Komuter Awal 2015 

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah segera mengoperasikan angkutan bus komuter untuk layanan pinggiran ke arah pusat Kota Semarang. Layanan dengan moda angkutan jalan raya itu telah disubsidi lewat anggaran belanja provinsi.

“Pemerintah siapkan pengadaan 25 unit bus untuk jalur Tawang-Bawen,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai peresmian kereta komuter Kedungsapur, Ahad, 28 September 2014.

Ganjar menegaskan layanan bus komuter itu tak akan menyaingi perusahaan angkutan swasta. Secara prinsip, layanan bus komuter itu sangat baik dan nyaman buat masyarakat.

Bus komuter itu diharapkan mampu menarik minat publik di sekitar Kota Semarang yang bekerja di pusat kota untuk meninggalkan angkutan pribadi.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Tengah Urip Sihabudin menyatakan sudah menyiapkan 21 halte sebagai penunjang operasional bus komuter itu. “Kami sudah bangun. Yang dari Bawen tahun ini selesai,” kata Urip.

Menurut Urip, pada Januari 2015 akan dimulai pengadaan bus untuk operasional. Bus itu akan tersedia sebanyak 25 unit dengan dua unit di antaranya untuk cadangan. Rencananya, bus komuter tersebut beroperasi pada awal 2015.

Selain menambah shelter di rute Bawen-Tawang, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga menyiapkan tiga koridor berikutnya dengan rute Semerang-Kendal, Semarang-Karangtengah, Demak dan Gubuk, Kabupaten Purwodadi.

Urip menjamin keberadaan bus komuter itu menarik minat publik yang selama ini menggunakan angkutan pribadi untuk masuk Kota Semarang. Kebijakan operasional bus komuter itu dinilai efektif karena di Kota Semarang sendiri sudah terdapat 1,3 juta angkutan pribadi atau nyaris menyamai jumlah penduduk Kota Semarang sebanyak 1,5 juta jiwa.

tempo.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 3 =