Fast Break 7 Oktober 2015 jam 14.00
FastBreak , October 7, 2015, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Fast Break

fb siang

Facebook Bakal Pancarkan Internet Gratis Lewat Satelit

Facebook mengumumkan rencana mereka untuk meluncurkan satelit yang memberikan akses internet bagi penduduk Afrika.

Bekerja sama dengan perusahaan provider internet berbasis di Perancis, Facebook berharap satelit itu bisa diluncurkan pada tahun 2016.

“Kami akan tetap berupaya untuk menghubungkan seluruh dunia (dengan internet), tak peduli jika kami harus keluar planet sekalipun,” tulis CEO Facebook, Mark Zuckerberg, di akun Facebook miliknya, Senin (5/10/2015).

Proyek satelit internet bagi warga Afrika tersebut merupakan bagian dari proyek Internet.org yang diluncurkan Facebook.

Proyek yang kini berubah nama menjadi Free Basics tersebut sempat mendapatkan kritik di beberapa negara, seperti India. Di negara itu, Facebook dianggap bersaing dengan tidak kompetitif oleh provider internet karena memberikan koneksi internet gratis.

Sebelumnya, Facebook juga telah mengerjakan proyek drone seukuran pesawat jumbo jet yang bisa memancarkan sinyal internet dari udara.

Inisiatif terbaru Facebook kali ini menggunakan teknologi satelit untuk memberikan akses internet murah.

“Untuk menghubungkan penduduk di wilayah terpencil, infrastruktur tradisional sulit untuk dibangun di sana. Karena itu, kami butuh teknologi baru,” kata Zuckerberg, dikutip Nextren dari BBC, Selasa (6/10/2015).

Beberapa perusahaan penyedia internet di dunia telah memberikan koneksi internet dengan satelit. Namun, saat ini harganya masih mahal, terutama bagi penduduk di negara yang sedang berkembang.

nextren.com

==============================

TBY Gelar Pekan Seni Anak 2015

Taman Budaya Yogyakarta (TBY) menggelar Pekan Seni Anak bertempat di ruang pameran dan Hall TBY mulai 6 hingga 11 Oktober 2015 ini.

Acara secara resmi akan dibuka oleh Kepala Taman Budaya Yogyakarta, Diah Tutuko Suryandaru, pada Selasa (6/10/2015) pukul 15.30.

Pekan Seni Anak TBY ini merupakan presentasi karya peserta bimbingan seni anak yang dilakukan TBY.

Digelar setahun sekali, Pekan Seni Anak ini menampilkan Pameran Seni Rupa hasil karya anak-anak mulai dari usia PAUD, TK dan SD.

Panitia acara, Sri Wahyuni menyatakan, sejak tahun 2003 TBY rutin menggelar bimbingan seni kepada anak- anak dari berbagai daerah di DIY setiap seminggu sekali.

Bimbingan seni itu meliputi berbagai bidang seni mulai dari tari, seni rupa, teater, musik, vokal dan sebagainya.

“Setiap tahun kita menggelar presentasi untuk mereka. Ada 200an anak yang memamerkan karya mereka baik lewat pameran maupun pentas di TBY. Pameran dan pentas ini terbuka untuk umum atau gratis,” katanya pada Selasa (6/10/2015).

Ia menyatakan Taman Budaya sebagai laboratorium seni diharapkan dapat menjadi wadah atau ruang bagi anak untuk berkreasi.

“Hal itu kita lakukan lewat bimbingan seni. Tujuannya agar mereka lebih mencintai dan mengapresiasi seni sejak dini,” lanjutnya.

Pekan Seni Anak ini ditujukan sebaga wahana sosialisasi dari hasil bimbingan dan pelatihan Art For Children (AFC) di Taman Budaya Yogyakarta.

Dalam kegiatan AFC anak anak diberi kebebasan dalam berekspresi sehingga terbuka ruang dialogis untuk lebih menekankan kepada tumbuhnya kecintaan anak terhadap seni dan kebudayaan secara luas.

tribunjogja.com

==============================

Kemendikbud Canangkan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mencanangkan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi. Pencanangan ini dilakukan oleh seluruh aparatur di lingkungan Kemendikbud.

Mendikbud Anies Baswedan menyampaikan, pendidikan dan kebudayaan adalah salah satu hulu pemberantasan praktik-praktik korupsi. Kemendikbud, kata dia, merasa perlu menunjukkan kontribusi konkret untuk melayani publik dengan kualitas terbaik. “Jika hulunya jernih maka alirannya akan jernih. Ini momentum perubahan. Jangan sampai acara kita (pencanangan zona integritas) tidak memiliki dampak,” katanya pada acara pencanangan di Plasa Insan Berprestasi Kemendikbud, Jakarta, (6/10/2015).

Pencanangan dihadiri oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Zulkarnaen, Ketua Ombudsman RI Danang Girindrawardana, dan Deputi Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Politik, Sosial dan Keamanan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (Deputi PIP Polsoskam BPKP) Binsar Simanjuntak.

Mendikbud mengatakan, reformasi birokrasi yang dijalankan secara konsisten diharapkan dapat meningkatkan efektivitas birokrasi dan efisiensi biaya. Acara ini, kata dia, jangan dipandang sebagai seremonial untuk ditonton semata. “Tapi pola baru untuk membuktikan Kemendikbud bisa,” katanya.

Inspektur Jenderal Kemendikbud Daryanto menyampaikan, selama dua tahun terakhir laporan keuangan Kemendikbud meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Kemendikbud, kata dia, juga telah membentuk satuan tugas pengendalian gratifikasi yang diikuti pendirian unit pengendalian gratifikasi. “Pada 2012 Kemendikbud telah laporkan gratifikasi kepada KPK senilai Rp65 juta, 2013 senilai Rp32 juta, dan 2014 Rp1,4 miliar, serta 2015 sampai saat ini Rp21 juta, serta beberapa barang/cindera mata,” katanya.

kemdikbud.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 3 =