FASTBREAK 11 JULI 2018
FastBreak , July 11, 2018, Unisi Radio

Kalahkan Belgia, Prancis Lolos ke Final Piala Dunia 2018

Prancis lolos ke final Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Belgia 1-0 pada laga di Stadion Saint Petersburg, Rabu (11/7) dini hari WIB. Bek Samuel Umtiti menjadi pahlawan kemenangan Prancis lewat gol sundulan di awal babak kedua. Sundulan Umtiti membawa Prancis lolos ke final Piala Dunia untuk kali ketiga.

Pertandingan babak pertama berlangsung menarik. Belgia melakukan penguasaan bola lebih banyak, tapi Prancis tetap mampu mengancam lewat serangan balik. Prancis mendapat dua peluang emas untuk mencetak gol. Tapi, peluang Olivier Giroud pada menit ke-34 dan Benjamin Pavard menit ke-39 gagal membuahkan gol karena penyelesaian akhir yang buruk. Skor kacamata bertahan hingga akhir babak pertama.

Di awal babak kedua Prancis sukses memanfaatkan situasi bola mati untuk mencetak gol pada menit ke-51. Berawal dari sepak pojok Antoine Griezmann, Samuel Umtiti berhasil mengalahkan Marouane Fellaini dalam duel udara dan menggetarkan gawang Thibaut Courtois.

Tertinggal satu gol membuat Belgia lebih agresif dalam membangun serangan. The Red Devils hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-65 melalui sundulan Fellaini. Menerim umpan silang Dries Mertens, Fellaini mengalahkan Paul Pogba dalam duel udara, tapi sundulannya masih tipis di sisi kiri gawang.

Pelatih Belgia Roberto Martinez merespons ketinggalan dengan memasukkan dua pemain yang bertipe lebih menyerang, yakni Dries Mertens dan Yannick Carrasco. Dua pemain yang ditarik keluar adalah Moussa Dembele dan Fellaini.

Usaha itu membuat Belgia sukses mengurung pertahanan Prancis. Tapi, Prancis sukses menunjukkan pertahanan yang solid. Bahkan Pogba beberapa kali terlihat lebih bermain sebagai bek tengah daripada gelandang.

Di antara serangan Belgia, Prancis hampir mencetak gol kedua pada menit ke-90+3. Tapi, tendangan mendatar Griezmann ke pojok kanan gawang berhasil ditangkap Courtois. Kiper Chelsea itu juga berhasil menepis tendangan Corentin Tolisso pada menit ke-90+5. Enam menit waktu tambahan yang diberikan wasit tidak mampu dimanfaatkan Belgia untuk mencetak gol penyeimbang. Skor 1-0 untuk Prancis bertahan hingga akhir laga.

cnnindonesia.com

===========================================================

Korea Selatan Beri Izin Tayang Film Korea Utara

Semenanjung Korea tampak semakin bersatu. Baru-baru ini, pihak penyelenggara sebuah festival film di Korea Selatan bakal menayangkan sejumlah film yang berasal dari Korea Utara.

Penyelenggara Bucheon International Fantastic Films yang bakal digelar di Seoul pada 12 Juli mendatang mengumumkan telah mendapat izin menayangkan tiga film panjang dan enam film pendek asal Korea Utara.

 

Penyelenggara Bucheon International Fantastic Films juga menyebut tengah berusaha mengundang beberapa sineas Korea Utara, namun masih menunggu persetujuan resmi dari pemerintah.

Pemberian izin penayangan film Korea Utara di Korea Selatan ini bisa jadi disebut langka mengingat hubungan kedua negara sejak meletusnya Perang Korea pada 1950 dan diakhiri gencatan senjata pada 1953.

Lantaran perang tersebut tidak berakhir dengan kesepakatan damai, praktis dua negara bersaudara itu masih ‘bermusuhan’ baik secara ideologi hingga kebudayaan. Selama lebih dari lima dekade segala bentuk komunikasi ataupun pertukaran budaya antar Korea menjadi hal yang sulit.

AFP menyebutkan bahwa menayangkan hasil budaya atau tokoh dari Korea Utara ke masyarakat Korea Selatan membutuhkan izin khusus dari sejumlah badan negara tersebut, seperti Kementerian Unifikasi Korea dan Badan Intelijen Korea Selatan. Bahkan memiliki bahan publikasi atau sejenisnya yang dibuat di Korea Utara dapat tergolong tindakan kriminal di bawah hukum keamanan nasional anti-komunis Korea Selatan.

Namun pertemuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae In pada 27 April lalu di Panmunjom menjadi harapan baru bagi terwujudnya Semenanjung Korea yang bersatu.

cnnindonesia.com

=============================================================

Polresta Yogyakarta Buat Terobosan, Siapkan Tim Khusus Amankan Kawasan Malioboro

Bertepatan dengan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-72, Polresta Yogyakarta akan menggukuhkan tim patroli baru yakni tim patroli yang menggenakan sepatu roda. Adapun tim tersebut nantinya akan melalukan patroli di kawasan Malioboro.

Kasub Bag Humas Polresta Yogyakarta, AKP Partuti Wijayanti mengatakan dalam rangkaian peringatan HUT Bhayangkara ke-72,pihaknya akan menggelar upacara yang diikuti oleh seluruh anggota.

Nantinya, dalam upacara juga sekaligus akan dilaksanakan pengukuhan tim patroli sepatu roda oleh Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol. Armaini, SIK. Tim patroli sepatu roda ini nantinya akan melaksanakan tugas patroli di pusat Kota Yogyakarta.

“Ada pengukuhan tim patroli sepatu roda dan renacanya akan diterjunkan di kawasan pedestrian Malioboro,” katanya, Selasa (10/7/2018).

Lebih lanjut, dengan adanya tim patroli sepatu roda tersebut nantinya diharapkan akan semakin menjaga kondusifitas terkait kamtibmas di kawasan Malioboro.

“Ini (Tim patroli sepatu roda) merupakan terobosan baru, dan merupakan ide dari Kapolresta,” pungkasnya.

tribunjogja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × four =