FASTBREAK 12 JUNI 2018
FastBreak , June 12, 2018, Unisi Radio

800 Kendaraan Masuk Sleman Tiap 20 Menit

Memasuki H-4 Lebaran, sejumlah kendaraan dari luar daerah memasuki wilayah Kabupaten Sleman. Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sleman mencatat, tiap 20 menit terpantau ada 800 kendaraan melintas di satu titik di wilayah Sleman.

Koordinator Jaga Posko Utama Dishub Sleman, Punadi mengatakan berdasarkan pantauan Senin (11/6/2018) terdapat ribuan kendaraan yang melintas melalui Jalan Ring Road Utara. Kendaraan yang melintas didominasi kendaraan roda empat dari barat ke timur.

Dari hasil pemantauan yang dilakukan petugas di Simpang Empat Gejayan, Condongcatur, Depok yang dihimpun di Posko Utama Dishub Sleman, antara pukul 10.43 WIB-11.00 WIB tercatat ada 433 kendaraan yang melintas. Pukul 11.05 WIB-11.23 WIB ada 291 kendaraan dan 11.48 WIB-11.50 WIB ada 619 kendaraan.

“Berdasarkan data kendaraan tersebut, rata-rata setiap 20 menit ada 800 kendaraan yang melintas. Kepadatan mulai terlihat pada sore hari sekitar pukul 14.00 hingga malam hari,” kata Punadi, Senin.

Namun demikian diprediksi kendaraan yang melintas lebih dari itu. Pasalnya penghitungan yang dilakukan hanya secara visual saja.

Sementara itu, di Terminal Jombor juga terpantau terjadi peningkatan aktivitas penumpang. Menurut Kepala Seksi Pengelolaan Terminal, Dinas Perhubungan DIY, Yuniarti mengatakan aktivitas penumpang di Terminal Jombor mulai ramai sejak H-7 kemarin. “Ada kenaikkan sekitar 60-70 persen dibanding hari biasa,” ungkapnya.

Untuk Jurusan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), dari data selama dua hari terkahir yakni para Sabtu (9/6/2018) kemarin ada sebanyak 94 bus yang datang membawa 709 penumpang dan 182 bus yang berangkat membawa 2.892 penumpang. Sementara pada Minggu (10/6/2018) ada 92 bus yang datang membawa 702 penumpang, dan 174 bus yang memberangkatkan 2.848 penumpang.

harianjogja.com

=============================================================

Polri Sebut Pola Perjalanan Mudik Tahun Ini Berubah

Polri mengaku agak kesulitan dalam memperkirakan puncak arus mudik tahun ini. Sebab menurut mereka pola perjalanan pulang kampung tahun ini terlihat sedikit berbeda ketimbang sebelumnya.

“Malah agak susah diprediksi. Kalau kita puncaknya kan ekstrem begitu ya. Ternyata enggak, ini landai saja. Semua jalan dengan sendirinya,” kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto, di Mabes Polri Jakarta, Senin (11/6).

Setyo mengklaim kemacetan di beberapa wilayah tidak mencapai hitungan jam. Menurut dia, jalanan agak lengang karena hari libur yang panjang.

“Tak ada yang stuck (diam) sampai berjam-jam. Diharapkan dengan libur panjang ini masyarakat bisa memilih. Ada teman saya berangkat jam 03.00 WIB berangkat, jam setengah 09.00 WIB sudah di Brebes,” ujar dia.

Mulanya, polisi memprediksi puncak arus mudik sekitar tanggal 9 dan 10 Juni. Namun, kata Setyo, ternyata masih jauh dari perkiraan karena kondisi jalanan masih sangat lancar.

“Saya sama Kapolri, Panglima (TNI) monitor dari udara ke arah timur sangat lancar. Kalaupun ada yang tersendat sedikit tapi semua jalan,” tegas Setyo.

Sementara itu, Setyo juga menambahkan telah terjadi peningkatan arus mudik dari Jakarta ke arah Jawa Barat dan Jawa Tengah sebesar 48 persen di jalur tol. Selain itu kebanyakan kepadatan arus lalu lintas disebabkan oleh penyempitan jalan.

“Karena adanya penyempitan (bottle neck) dan penumpukan kendaraan di luar rest area (sisi badan jalan). Untuk itu perlunya dilakukan upaya memberi imbauan kepada pengemudi,” ujar Setyo.

cnnindonesia.com

===============================================================

Twitter Siapkan Emoji Khusus Rayakan Pertemuan Kim-Trump

Pertemuan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Singapura menjadi ajang pertemuan bersejarah. Melihat pentingnya momentum pertemuan kedua pemimpin negaran tersebut, Twitter menyiapkan berbagai ‘tools’ bagi pengikutnya agar tetap terhubung.

Dalam keterangan resminya, Twitter Singapura mengungkapkan platformnya menjadi salah satu cara tercepat untuk masyarakat mengetahui apa yang terjadi pada #TrumpKimSummit di Singapura.

“Twitter dapat digunakan untuk mendapatkan pembaharuan real-time. Seperti live streaming di Twitter,” papar keterangan resmi tersebut, Selasa (12/6).

Selain itu, Twitter menyiapkan emoji khusus untuk tagar #TrumpKimSummit. Setiap cuitan yang menyertakan tagar tersebut, di akhir kata akan muncul emoji dua tangan yang terkatup.

Tangan tersebut melambangan bendera kedua negara yakni Korea Utara dan Amerika Serikat. Selain itu, Twitter memaparkan, pengguna platform tersebut bisa mengakses live streaming dengan tiga bahasa yang berbeda yakni Inggris, Korea dan Jepang.

“Pengguna bisa menonton siaran langsung video berkualitas dari konferensi tingkat tinggi, melihat percakapan Twitter waktu nyata tentang acara tersebut, dan langsung mencuitkan komentar untuk bergabung dengan percakapan global, semua dalam satu layar,” jelasnya.

Liputan langsung tersedia untuk pengguna Twitter dengan mengklik opsi streaming yang telah disediakan.

cnnindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + 19 =