FASTBREAK 16 APRIL 2018
FastBreak , April 16, 2018, Unisi Radio

Angkasa Pura I Layangkan SP kepada 10 Rumah Penolak Bandara NYIA

Sebanyak 10 pemilik rumah yang masih bertahan di lahan Izin Penetapan Lokasi (IPL) pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) mendapatkan surat peringatan (SP) I dari PT Angkasa Pura (AP) I.

Pengiriman surat peringatan itu menjadi salah satu upaya PT AP I untuk segera merampungkan pekerjaan terkait dengan pembersihan lahan (land clearing) sebagai bagian dari rencana awal pembangunan NYIA.

General Manager PT AP I Bandar Udara Adisutjipto, Kolonel Pnb Agus Pandu Purnama mengatakan sedikitnya SP I sudah dilayangkan PT API kepada pemilik 10 rumah yang masih bertahan berada di atas lahan IPL. Jumlah rumah itu, kata dia, adalah sisa dari total 33 rumah yang harus mendapat SP I hingga SP III.

“Ada 23 rumah sudah diberi peringatan berupa SP I hingga SP III. Kalau dari yang 10 tadi [penerima SP I], kami kirimkan total ada 57 surat,” kata dia, Minggu (15/4/2018).

Kendati SP I hanya diperuntukkan bagi 10 rumah, namun PT AP I harus turut menyerahkan surat-surat salinan dan dokumen lainnya kepada seluruh pihak, khususnya yang terkait dengan lahan yang bersangkutan.

Selain memberikan SP I kepada 10 rumah, PT AP I juga memberikan surat pemberitahuan penetapan konsinyasi kepada pemilik 84 bidang lain yang juga terdampak NYIA.

Seperti diketahui, dari total 38 rumah yang harus dikosongkan dan dibersihkan pada 5 Desember 2017, PT AP I menunda kelanjutan pengosongan lahan bagi 33 unit rumah. Sebab, dari 33 rumah tersebut, sebanyak 28 unit masih dihuni pemiliknya dan lima sisanya masih dalam tahap pengukuran ulang tim penaksir.

Salah satu warga penolak NYIA yang masih bertahan di IPL NYIA, Sofyan, mengaku ia tidak tahu-menahu perihal konsinyasi atau ganti rugi proses pembebasan lahan.

Menurut dia, warga tidak mengetahui atau mengikuti semua tahapan pembangunan NYIA, berikut nominal ganti rugi yang bakal diterima. “Yang kami butuhkan bukan uang miliaran rupiah, tapi kehidupan nyaman aman tentram tanpa penggusuran,” kata Sofyan.

Petugas Humas Pengadilan Negeri (PN) Wates, Nur Kholida Dwi Wati mengatakan setelah dilakukan putusan penetapan konsinyasi, PN Wates segera mengirimkan petugas juru sita untuk memberikan surat pemberitahuan penetapan konsinyasi kepada warga pemilik lahan selaku termohon. “Kebanyakan warga mengurus pencairan dana konsinyasi pada Jumat.”

harianjogja.com

=========================================================

Manchester City Juara Liga Inggris 2017/2018

Manchester City dipastikan menjadi juara Liga Inggris musim 2017/2018 setelah Manchester United dikalahkan West Bromwich Albion 0-1 di Stadion Old Trafford, Minggu (15/4).

Kekalahan Man United membuat Man City kini unggul 16 poin di puncak klasemen. Dengan lima pertandingan tersisa, maka posisi Man City tidak akan mampu dikejar rival sekotanya tersebut. Man United kalah 0-1 dari West Brom lewat gol Jay Rodriguez pada menit ke-73. Sebelumnya, Man City sukses mengalahkan Tottenham Hotspur 3-1 lewat gol Gabriel Jesus, Ilkay Guendogan, dan Raheem Sterling.

Ini adalah gelar Liga Inggris kelima bagi Man City, dan yang ketiga di era Liga Primer. The Citizens sebelumnya menjadi juara Liga Inggris musim 1936-1937, 1967-1968, 2011-2012, dan 2013-2014. Bagi manajer Man City, Pep Guardiola, ini adalah kali ketujuh dia merebut gelar liga. Guardiola sempat tiga kali merasakan gelar juara Liga Spanyol bersama Barcelona dan tiga gelar Bundesliga bersama Bayern Munchen.

Sementara bagi Man United satu-satunya gelar yang masih bisa mereka rebut musim ini adalah Piala FA. The Red Devils akan menghadapi Tottenham di babak semifinal Piala FA, 21 April mendatang.

cnnindonesia.com

=========================================================

Jelang Ramadan, Polri Akan Awasi Distribusi Pangan dan Arus Mudik

Wakapolri Komjen Pol Syafruddin menyatakan pihaknya fokus pada dua agenda utama pada bulan Ramadhan nanti. Kedua hal itu yaitu pengawasan terhadap distribusi dan harga pangan serta arus mudik.

Ia menegaskan Polri telah menyiapkan sejumlah rencana operasi untuk kedua hal tersebut. Polri ingin distribusi dan harga pangan tetap stabil. Bahkan, Syafruddin mengharapkan pengawasan ini bisa menurunkan harga bahan pokok di bulan Ramadhan. Selain itu, ia juga ingin arus mudik nanti berjalan lancar.

Di sisi lain, Polri juga telah menyiapkan rencana operasi untuk menghadapi potensi munculnya mafia pangan yang menghambat distribusi atau bermain-main dengan harga.

kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × five =