FastBreak 17 April 2013 Jam 10.00
FastBreak , April 17, 2013, admin

Menteri Pendidikan Muhammad Nuh menjamin pelaksanaan ujian nasional yang terlambat di 11 provinsi tidak akan terjadi kebocoran soal. Ujian nasional di belasan provinsi tersebut akan berlangsung pada Kamis 18 April 2013 dari sejatinya 15 April 2013.”Insya Allah, Kamis besok akan dilaksanakan dengan pertimbangan naskah soal di setiap zona itu berbeda, karena soalnya juga berbeda,” jelas Nuh, Selasa, 16 April 2013.

Menurut Nuh, naskah ujian nasional untuk tingkat SMA dan SMP ini terbagi dalam enam zona yang ditangani oleh satu perusahaan pemenang tender. Setiap zona memiliki soal yang berbeda dengan zona yang lain karena percetakannya juga berbeda. Proses ujian sendiri sudah berjalan sejak 15 April 2013 di lima zona, sedangkan zona 3 yang ditangani PT Ghalia Indonesia Printing harus ditunda karena keterlambatan produksi serta distribusi.Zona 3 yang menangani 11 provinsi ini, menurut Nuh, akan mulai melaksanakan ujian nasional pada Kamis, 18 April 2013. Ujian berlanjut hingga 19, 22, 23 April 2013.

“Dari kementerian saya menyampaikan penghargaan yang tulus kepada TNI AU dan Polri yang all out dalam membantu distribusi naskah,” ujarnya. Nuh memaparkan dalam proses distribusi ke 11 provinsi yang telat, Kementerian mendapat bantuan berupa empat pesawat Hercules, satu pesawat Fokker, dan satu pesawat Boeing 737. TNI AU juga akan memberikan bantuan dua pesawat lagi ketika proses distribusi naskah soal ujian nasional untuk tingkat SMP yang sudah mulai di pekan ini.Sebagai langkah untuk menghindari penundaan ujian pada tingkat SMP, Nuh juga menyatakan, kementerian secara langsung saat ini memantau perkembangan produksi dan distribusi. Perkembangan terakhir, menurut Nuh, beberapa naskah sudah mulai didistribusi oleh lima perusahaan pemenang tender. Sedangkan soal dari PT Ghalia akan dibantu penyelesaiannya dari lima perusahaan pemenang yang lain.
_______________________________________________________________________

Perkembangan teknologi belakangan ini berkembang dengan sangat pesat. Faktanya, saat ini banyak muncul perangkat elektronik menggunakan komputer, ponsel pintar, dan tablet menggunakan layar sentuh. Namun, Fujitsu memberikan kejutan lain, perusahaan asal Jepang ini kabarnya sedang mengembangkan teknologi yang bisa mengubah kertas menjadi layar sentuh. Fujitsu baru-baru ini menginformasikan bahwa perusahaannya sedang mengembangkan sebuah teknologi yang dapat mendeteksi objek yang disentuh oleh jari. Sebagai contohnya, dengan teknologi ini, sebuah kertas akan mampu diubah menjadi sebuah layar sentuh.”Sistem ini tidak menggunakan perangkat keras spesial, teknologi ini hanya membutuhkan perangkat seperti webcam, dan sebuah proyektor. Kemampuan pengubahan objek menjadi sebuah layar sentuh dihasilkan oleh sebuah teknologi pemrosesan gambar,” ujar Peneliti dari Fujitsu Media Service System Lab, Taichi Murase.

Dalam sebuah presentasi, teknologi ini mampu memanipulasi data yang terdapat dalam sebuah kertas. Dengan menggunakan gerakan jari, pengguna dapat menyalin gambar maupun teks lalu menyimpannya dalam memory. Selain pada permukaan yang rata, teknologi ini juga dapat digunakan pada bidang dengan permukaan bergelombang.Meski teknologi ini masih dalam tahap peragaan, para peneliti di Fujitsu berencana mengembangkannya untuk kepentingan komersial. Diharapkan pada tahun fiskal 2014, produk ini sudah bisa dirilis ke pasar.
______________________________________________________________________

Arkeolog menemukan pelabuhan tertua di dunia. Pelabuhan tersebut ditemukan di tepi Laut Merah, dipercaya berusia 4500 tahun, aktif pada masa Firaun Khufu (Cheops).Tim arkeolog yang menemukan percaya bahwa pelabuhan yang ditemukan merupakan yang paling penting pada masa Mesir Kuno. Pelabuhan digunakan untuk membantu pengangkutan tembaga dan mineral lain ke Semenanjung Sinai.Diberitakan Daily Mail, pelabuhan yang ditemukan dibangun di wilayah bernama Wadi al-Jarf, 180 km di sebelah selatan Terusan Suez. Pelabuhan ini diduga 1000 tahun lebih tua dari struktur pelabuhan manapun di dunia.

Bersama penemuan pelabuhan tersebut, peneliti juga menemukan 40 papirus yang memberi gambaran kehidupan Mesir Kuno pada masa kekuasaan Firaun Khufu. Papirus mengungkap petunjuk bagi para pekerja di pelabuhan untuk mendapatkan roti dan bir. Papirus juga mengungkap aktivitas Merrer yang terlibat pada pembangunan Piramida Giza, kuburan Khufu. “Dia melaporkan perjalanannya ke lahan batu kapur untuk mendapatkan bahan yang digunakan untuk membangun piramida,” kata Mohhamed Ibrahim, Menteri Kebudayaan Mesir. “Meski kita takkan belajar apapun dari konstruksi monumen Cheops ini, catatan ini menyuguhkan wawasan pertama kali tentang hal ini,” imbuh Ibrahim. Peneliti yang terlibat dalam penemuan pelabuhan ini berasal dari Badan Arkeologi Perancis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 3 =