FastBreak 18 April 2013 jam 14.00
FastBreak , April 18, 2013, admin

Presiden SBY merespons laporan masyarakat yang mengadukan nasib seorang anak bernama Tasripin, bocah berusia 12 tahun yang harus menanggung beban sebagai kepala keluarga untuk membiayai hidup adik-adiknya dengan menjadi buruh tani di Dusun Pesawahan, Desa Gunung Lurah, Kecamatan Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah.

Tasripin terpaksa menanggung beban sebagai kepala keluarga setelah ditinggal kedua orangtuanya. Mereka sebatang kara setelah sang ibu meninggal, sedangkan ayah mereka bekerja di Kalimantan. Tasripin memilih berhenti sekolah dan menjadi buruh tani demi mendapat upah untuk makan nasi kerupuk atau garam bagi ketiga adiknya.

Informasi tentang Tasripin menyebar ke media sosial Twitter dan Facebook setelah beberapa media cetak dan elektronik mengangkatnya menjadi berita utama, kemarin (17/4). Masyarakat dan pengguna internet melaporkan informasi ini melalui Twitter yang ditujukan ke akun @SBYudhoyono.

Pada Kamis (18/4), SBY melalui akun Twitter-nya merespons informasi tersebut dan menyatakan akan mengutus stafnya untuk bekerja sama dengan Gubernur Jawa Tengah dalam mengatasi persoalan Tasripin. Berikut “kicauan” @SBYudhoyono tentang nasib Tasripin:
@armandmaulana @kompascom @detikcom @shanty78 @ulinyusron terima kasih atas kepedulian & kemanusiaannya terhadap Tasripin *SBY*

1. Kisah Tasripin, Banyumas, usia 12 tahun, yg menjadi buruh tani utk menghidupi ketiga adiknya sungguh menggores hati kita. *SBY*

2. Saya akan segera mengutus Staf Khusus saya, bekerja sama dgn Gubernur Jateng, utk mengatasi persoalan hidup Tasripin. *SBY*

3. Tasripin terlalu kecil utk memikul beban dan tanggung jawab ini. Secara moral, saya dan kita semua harus membantunya. *SBY*
________________________________________

Mahasiswa juga bisa memecahkan rekor dunia. Seperti yang terjadi pada mahasiswa jurusan Tata Boga di Tokyo, Jepang ini, yang berhasil membuat bolu gulung sepanjang 130.68 meter. Guiness World Recordspun menobatkan kue ini sebagai bolu gulung terpanjang di dunia!

Pembuatan roll cake atau bolu gulung terpanjang ini dilakukan oleh 90 orang, yang terdiri dari pastry chef dan juga mahasiswa di sebuah sekolah masak di Tokyo. Kerja keras mereka akhirnya terbayar setelah pihak Guinness World Records mengumumkan jika bolu gulung tersebut merupakan yang terpanjang di dunia.

Untuk membuat bolu gulung ini, bahannya tak main-main. Diperlukan 54 kg terigu, 43 kg gula, dan juga 2.682 butir telur, untuk menghasilkan bolu gulung dengan panjang mencapai 130 meter. Dibuat dari ratusan bolu gulung yang kemudian ditata memanjang.

Bolu gulungnya dibuat dengan warna krem, kemudian diselimuti dengan krim putih dan diberi hiasan buah strawberry. Karena ukurannya yang sangat panjang, butuh sekitar 100 kg whipped cream dan 10 kg gula untuk dekorasinya.

Seperti diberitakan Daily Mail (17/04/2013), tim yang tak disebutkan namanya ini berhasil mengalahkan rekor sebelumnya yang juga dipecahkan di Jepang pada tahun 2011. Sebelumnya, bolu gulung terpanjang dibuat dengan ukuran 115.09 meter, oleh Shotengai Shinkokumiai Takasaki Chubu Meitengai di Takasaki, Jepang.

_____________________________________

Lagi dan lagi, Bandara Internasional Changi di Singapura terpilih sebagai bandara terbaik di dunia. Bandara ini terpilih dalam ajang 2013 World Airport Awards yang diselenggarakan di Jenewa, Swiss.

Ini adalah keempat kalinya Bandara Changi meraih penghargaan tersebut, setelah tahun 2011 penghargaan bandara terbaik di dunia disabet oleh Bandara Internasional Hong Kong dan pada 2012 oleh Bandara Incheon di Korea.

Penghargaan ini didapatkan lewat voting yang diselenggarakan oleh Skytrax, dengan 12,1 juta responden menilai 395 bandara di seluruh dunia.

“Bandara Changi terus menjadi yang terdepan dan inovator dalam industri ini, karena itu selama 14 tahun penghargaan ini berlangsung, Bandara Changi selalu berada di posisi tiga teratas,” kata Edward Plaisted, Ketua Skytrax, seperti dikutip dari SMH, Kamis (18/4/2013).

Dalam penghargaan ini, Changi juga menjadi bandara terbaik di Asia. Dan, dengan 330 outlet serta 120 gerai makanan dan minuman yang dimilikinya, Changi juga meraih penghargaan sebagai Bandara dengan Fasilitas Hiburan Terbaik.

“Changi melayani lebih dari 50 juta penumpang sejak 2012, yang terus menarik pelanggan dan mempertahankan posisi sebagai bandara hub terdepan di dunia,” jelas Plaisted.

Pemenang tahun lalu, Bandara Incheon tahun ini harus puas di posisi kedua. Bandara Incheon juga mendapat penghargaan sebagai Bandara dengan Pelayanan Staf Terbaik di Asia serta Bandara Transfer Internasional Terbaik di Dunia.

Bandara Schiphol Amsterdam mencapai peringkat ketiga, menendang Bandara Internasional Hong Kong ke posisi keempat dan diikuti Bandara Internasional Beijing Capital di posisi kelima.

[html5mp3small:14852]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + eighteen =