FastBreak 18 April 2013 jam 17.00
FastBreak , April 19, 2013, admin
PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menerima 7 delegasi Palestina untuk magang dan belajar soal microfinance di Indonesia. 

Rombongan bersama Kasubdit Kerjasama Teknik Wilayah Afrika dan Timur Tengah Kementerian Luar Negeri RI Henri Samosir dan disambut langsung oleh Direktur Bisnis UMKM BRI Djarot Kusumayakti yang didampingi oleh Agus Rachmadi, Head of Microbanking International Cooperation BRI, Seperti dikutip dari siaran pers, Kamis (18/4/2013).

“Hal ini adalah salah satu bentuk pengakuan dunia Internasional terhadap kinerja BRI dalam memajukan microfinance di Indonesia sekaligus memantapkan posisi BRI sebagai laboratorium keuangan mikro dunia,” jelas Djarot.

Djarot menambahkan, sejumlah terobosan yang telah dilakukan BRI dalam mendukung penerapan sistim keuangan inklusif di sektor UMKM diharapkan dapat memberikan rangsangan terhadap perekonomian Palestina.

Ketujuh delegasi dari Palestina itu tiba di Indonesia hari Selasa malam, dan sesuai agenda hari ini, Kamis 18 April 2013, akan melakukan field visit ke beberapa unit kerja BRI, seperti Kantor Cabang BRI, Kantor BRI Unit, dan Teras BRI serta Sentra Pendidikan BRI yang berlokasi di Bandung, guna melihat dan berinteraksi langsung dengan berbagai produk perbankan bagi UKM serta aplikasinya di masyarakat.

Selain itu, mereka juga akan diajak untuk berkunjung ke beberapa kelompok usaha binaan BRI yang telah berhasil dalam mengembangkan bisnis dan usahanya.

Pelaksanaan pelatihan yang berlangsung selama 4 (empat) hari lalu menitikberatkan pada pengelolaan, strategi pemasaran microfinance serta berbagai terobosan dalam mewujudkan financial inclusion.

Financial inclusion atau pembiayaan inklusif merupakan salah satu modul yang mendapat perhatian lebih dari peserta terkait penerapannya dalam mendukung kemajuan UKM di Indonesia. Dalam kaitan ini, BRI membagi pengalaman dan best practicesnya terkait peran serta inovasi yang telah dilakukan untuk meniadakan berbagai hambatan dalam rangka meningkatkan akses bagi seluruh lapisan masyarakat dalam memanfaatkan jasa keuangan.

Duta Besar RI untuk Yordania, Teguh Wardoyo dalam sambutan pada kesempatan jamuan pelepasan, menyampaikan harapannya agar para peserta yang mendapatkan kesempatan mengikuti fieldtrip ke Indonesia dapat memaksimalkan kunjungan selama di Indonesia.

Selain itu, kiranya ilmu maupun wawasan yang diperoleh dapat didiseminasikan kepada rekan-rekan di institusinya sehingga memberikan kontribusi yang positif bagi pengembangan sektor UMKM di Palestina.

_________________________________________________________________________________

Manajemen Lion Air menyatakan pilot pesawat Boeing 737-800 NG yang jatuh di Bali pada Sabtu pekan lalu menerima penghargaan dari Boeing Company. “Pak Ghozali, pilot, dapat penghargaan dari Boeing,” kata Direktur Airport Operation and Services Lion Air, Daniel Putut Kuncoro Adi, saat dihubungi Tempo, Kamis, 18 April 2013.

Putut belum memberi penjelasan rinci mengenai penghargaan tersebut. Ia mengatakan akan menjelaskan hal tersebut seusai menyerahkan santunan kepada korban.

Kabar pemberian penghargaan kepada pilot yang telah mengantongi lebih dari 10 ribu jam terbang itu sebelumnya diketahui dari kicauan putri Mahlup, Dinda Desita Sari, di jejaring sosial Twitter.

Pada 16 April 2013 pukul 16.35, Dinda mengetik tweet tentang penghargaan yang diterima sang ayah dari Boeing. Dia juga memajang foto Mahlup, istri Mahlup, dan seorang pria asing yang tengah berdiri di area kantor. “Ucapan penghargaan dr parusahaan Boeing :’)),” demikian celotehan Dinda.

Sebelumnya, pada pukul 10.37, Dinda juga mengetik tweetyang mengatakan sang ayah mendapat penghargaan dari Kepala Kepolisian Daerah Bali. Namun, kali ini dia tidak memajang foto, melainkan hanya membubuhkan tag posisi tempat tweet tersebut diketik, yakni di Lion Air Tower lantai 6. “Cieee si papap dpt penghargaan dr kapolda bali..so i dont care about news in media…,” katanya.

__________________________________________________________________________
Sirkus satwa keliling kini dilarang di Inggris. Larangan khususnya ditujukan bagi sirkus yang masih menggunakan satwa langka, misalnya harimau dan gajah, dalam pertunjukannya.

 

Undang-undang yang baru disahkan tersebut juga melarang penggunaan hewan liar dalam atraksi sirkus. Namun, hewan peliharaan seperti kucing, anjing, kelinci, dan kuda masih akan diizinkan.

Seperti dikutip Washington Times, Kamis, 18 April 2013, pemerintah Inggris memberi waktu hingga 2015 bagi seluruh sirkus untuk menyesuaikan dengan peraturan baru. “Saat ini hanya ada dua sirkus di Inggris yang memiliki 20 satwa liar,” demikian laporan Washington Times.

Larangan itu sebagian didorong oleh penderitaan Anne, seekor gajah berumur 60 tahun. Pada 2011, kelompok pembela hak satwa, Animal Defenders International, merekam bagaimana Anne dipukuli oleh pawang sirkus Bobby Roberts Super Circus.

Advokasi yang dilakukan para pegiat Animal Defenders International menuai hasil positif. Si pemilik sirkus kemudian dihukum oleh aparat penegak hukum karena menyebabkan penderitaan bagi hewan. Anne kini pensiun dan tinggal di Taman Safari Longleat di Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × one =