FastBreak 20 Oktober 2014 jam 14.00
Uncategorized , October 20, 2014, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja : FastBreak

Indonesia Siap Bertanding di Asean Skill Competition X di Vietnam

indo

Sekjen Kemnakertrans Abdul Wahab Bangkona mengatakan, kontingen Indonesia yang terdiri dari 111 orang anggota delegasi Indonesia siap untuk bertanding dan mempertahankan kembali posisi Juara Umum dalam ajang Asean Skill Competition (ASC) ke-10 yang diselenggarakan di Hanoi, Vietnam, pada 19 sampai 29 Oktober 2014.

Kontingen Indonesia yang berlaga di Hanoi Vietnam ini, ujar Abdul, mewakili lebih dari 80 juta pemuda Indonesia. “Delegasi Indonesia diharapkan mempu meraih prestasi yang terbaik untuk menunjukkan kemampuan dan kualitas pemuda Indonesia,”ujarnya.

Sportivitas dalam kompetisi, kata Abdul, hendaknya dapat memberi inspirasi dan menjadi cambuk bagi generasi muda di kawasan ASEAN guna membangun kekuatan pada berbagai sektor dan bidang sehingga negara-negara ASEAN dan dunia internasional. Keikutsertaan kontingen Indonesia dalam ASC merupakan salah satu upaya peningkatan standar kompetensi kerja ASEAN di berbagai bidang kejuruan yang diminati oleh dunia kerja dan industri.

”Penyelenggaraan ASC ini mendukung pengembangan sumber daya manusia. Khususnya, tenaga kerja muda khususnya di Indonesia untuk mencapai kompetensi sesuai dengan perkembangan teknologi dan tuntutan pasar kerja global, “ujar Abdul.

Standar pelatihan kerja, kata Abdul, harus ditingkatkan. Penguasaan standar kompetensi dan keterampilan kerja merupakan syarat mutlak dalam menyongsong pelaksanaan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tahun 2015.

Kejuaraan yang dikompetisikan pada ASC X tahun 2014 ini antara lain electrical installation, welding, restaurant service, cooking, cabinet making, joinery, bricklaying, wall and floor tilling. Selain itu, automobile technology, mechatronics, refrigeration and AC, industrial automation, IT software solution and business, IT network system administration, graphic design technology, web design, mechanical engineering design CAD, beauty therapy, hair dressing, fashion technology, electronics, mobile robotics, information cabling, plumbing and heating, dan CNC maintenance.n

republika.co.id

=========================================

KAI Pesan Lima Rangkaian Kereta Buatan PT Inka

Direktur Utama PT Industri Kereta Api Indonesia (Inka), Agus Purnomo, mengatakan perusahaannya mendapat pesanan lima rangkaian kereta dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) selama 2014. Ia mengatakan, dari lima rangkaian tersebut, empat rangkaian sudah dikirim kepada PT KAI.

“Harga lima rangkaian kereta sampai kisaran Rp 160 miliar,” kata Agus Purnomo di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu, 18 Oktober 2014. Menurut dia, rangkaian terakhir siap diserahkan kepada PT KAI bulan depan.

“Semuanya rangkaian kereta ekonomi AC. Satu rangkaian ada sepuluh kereta dan kereta pembangkit,” katanya. Masing-masing gerbong kereta tersebut, Agus melanjutkan, berkapasitas 80 penumpang.

Menurut dia, untuk membuat satu gerbong, PT Inka membutuhkan waktu kurang-lebih lima bulan. Agus mengatakan saat ini perusahaannya belum mengekspor gerbong ataupun rangkaian kereta. PT Inka, kata dia, sedang mencoba menjajaki ekspor kereta ke negara-negara kawasan Asia Tenggara dan Bangladesh.

tempo.co

============================================

KPK Minta Jokowi dan Para Menteri Transparan Soal Harta Kekayaan

KPK meminta presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla transparan terkait harta kekayaannya. Ini juga harus dilakukan para menteri yang duduk di kursi kabinet.

“Kalau nanti misalnya Pak Jokowi bisa menjelaskan harta kekayaannya, asal-usul kekayaannya, seperti pajaknya maka kita minta menteri-menterinya dapat melakukan hal yang sama,” kata Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto di Gedung Joeang 45, Menteng, Jakpus, Minggu (19/10/2014).

Bambang menegaskan, integritas harus dimiliki presiden/wapres dan para menteri kabinet. Jokowi juga harus punya terobosan radikal menyangkut harta. Bila ditemukan harta yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, maka harus diserahkan ke negara.

“Kalau saja Pak Jokowi nanti membuat komitmen bahwa nanti bila ditemukan harta kekayaan diluar yang telah dilaporkan akan dirampas negara, itu kan bagus juga, gagasan itu sudah pernah kita sampaikan. Mudah-mudahan kalau ada pertemuan kita dapat sampaikan lagi,” sambungnya.‎

Menurut Bambang, hal itu merupakan bagian penting untuk membangun integritas. Sebab jika presiden/wapres bersedia komitmen, maka para menterinya juga akan melakukan hal yang sama.

detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + nine =