Festival Kesenian Yogyakarta ke-26 Resmi Dimulai
Jogja Dab! , August 21, 2014, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Jogja Dab!

fky

Yuhuuu Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 26 resmi dibuka!

FKY 26 diadakan mulai 20 Agustus – 9 September 2014. Rangkaian acara pembukaan FKY 26 ini telah berlangsung Rabu kemarin, yang diawali dengan kirab seni dengan rute Jl. Prau – Jl. Sudirman – Tugu – Jl. Margo Utomo (Jl. Mangkubumi).

Sebanyak 26 kontingen yang berasal dari berbagai komunitas, lembaga, institusi, dan kelompok-kelompok kesenian, ikut memeriahkan kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian Pembukaan Festival Kesenian Yogyakarta 26 ini.

DSC_9429

Selesai kirab, acara dilanjutkan dengan upacara Pembukaan FKY 26 yang berlangsung di sekitar Tugu Jogja dan berlangsung pukul 19.00 WIB. Acara dibuka dengan tarian selamat datang dari Sekar Pujiastuti. Selanjutnya sambutan-sambutan dari Ketua Umum FKY 26, Setyo Harwanto dan Kepala Dinas Kebudayaan Yogyakarta, GBPH Yudhaningrat.

Usai sambutan, dilanjutkan dengan “Salutation” yaitu pemberian penghargaan berupa plakat kepada para mantan ketua FKY mulai dari tahun 1989. Tak hanya itu mereka juga bersama Wakil Gubernur DIY, Sri Paku Alam IX, didampingi oleh Komandan Danrem Pamungkas, Irjen TNI M. Sabrar Fadila melakukan pemukulan gong, yang menandai resminya pembukaan acara Festival Kesenian Yogyakarta ke 26.

20140820_203913

Kemeriahan acara Pembukaan FKY 26 pun makin terasa dengan adanya Jogja Video Mapping Project yang menyulap Tugu Yogyakarta menjadi berwarna-warni. Ada juga pertunjukan tari dari Pragina Gong, kolaborasi antara karawitan Canda Nada bersama Tabogetek Perkusi, Sesar Perkusi dan Romutere Dance Company. Pembukaan FKY 26 pun diakhiri dengan pesta kembang api.

FKY 26 tahun ini mengambil tema Dodolan, dimana tema tersebut memiliki dua makna. Yaitu dodolan dalam pengertian berjualan dan dodolan dalam pengertian bermain/berkunjung/pelesir. Selain berlangsung di Plasa Pasar Ngasem dan Bioskop  Tamansari, FKY tahun ini juga diadakan di Yogyakarta melainkan di Bantul, Sleman, Kulon Progo, dan Gunung Kidul.

Nah mau tau jadwal acara yang ada di Festival Kesenian Yogyakarta ke-26 ini? Cek info lengkapnya di www.infofky.com . Yok ramai-ramai ke FKY 26, Intelektual Muda 🙂

[Teks : @ulinaizna | Foto kirab: FKY 26 Foto tugu: @ulinaizna]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × one =