Festival Kesenian Yogyakarta ke-27
Jogja Dab! , August 18, 2015, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja : Jogja, Dab!

fky

Yes! Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ke-27 bakal kembali digelar, Intelektual Muda. Berbeda dengan tahun lalu, FKY tahun ini digelar di Taman Kuliner Condongcatur Yogyakarta dengan mengusung tema “Dandan”. Selama 18 hari para pengunjung dapat menikmati berbagai macam suguhan seni dan budaya. Enggak ketinggalan juga sajian kuliner dan kerajinan kreatif.

Prosesi pembukaan FKY ke-27 sendiri akan berlangsung pada 19 Agustus 2015 dan dibuka dengan “Pawai Edan-Edanan”, yaitu pawai street performance di sebagian ruas Jalan Kaliurang (PKKH UGM – Gedung Grha Sabha Pramana – Gedung Rektorat UGM – dan berakhir di Perempatan Selokan Mataram).

Pawai akan diikuti 30 kontingen dan dimulai pada 15.00 WIB. Nah karena itu mulai pukul 14.00 WIB besok, sebagian ruas jalan Kaliurang akan ditutup hingga selesainya Pawai Edan-edanan tersebut sekitar pukul 17.30 WIB.

31072015_pengalihan arus FKY dan pawai

Prosesi pembukaan FKY belum selesai, Intelektual Muda. Malam harinya tepatnya pukul 19.00 WIB bakal diadakan upacara pembukaan FKY 27 di Panggung Pasar Seni Taman Kuliner Condongcatur.

Selain di tingkat DIY, FKY ke-27 juga diselenggarakan di tingkat kota dan kabupaten. Untuk FKY Kota di Plaza Pasar Ngasem pada tanggal 1 – 4 September, FKY Gunungkidul di Alun-Alun Wonosari pada 22 – 27 Agustus, FKY Sleman di Lapangan Sendang Adi Mlati pada 21 – 23 Agustus 2015, FKY Bantul di Imogiri Sewon pada 20 -26 Agustus, dan FKY Kulonprogro di Alun-alun Wates pada 22 – 25 Agustus 2015.

Ada beberapa program yang diselenggarakan di luar lokasi ini. Seperti Pameran PAPERU (Para Perupa Muda) “Laras Sinawang” yang digelar di Sasana Hinggil Yogyakarta, Jogjakarta Video Mapping Project (JVMP) di Panggung Krapyak dan gedung DPRD, serta Teater FKY oleh Kalanari Theatre Movement digelar di bekas gedung bioskop Permata.

Kalau tahun lalu ada pembacaan puisi, tahun ini bakal ada pembacaan sembilan karya prosa yang akan dibacakan oleh 12 performer. Keren ya!

Catet ya tanggalnya, Festival Kesenian Yogyakarta tanggal 19 Agustus – 5 September 2015 di Taman Kuliner Condongcatur. Hayo mau ngaja siapa? 😀

[teks: @ulinaizna | foto: FKY 27]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 3 =