Gadjah Mada Aerospace Raih Emas dan Perak Dalam Komurindo 2015
News , August 7, 2015, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Campus Reporting News

ugm

Gadjah Mada Aerospace Team kembali memberikan prestasi yang membanggakan pada ajang Kompetisi Muatan Roket dan Roket Indonesia (Komurindo) dan Kompetisi Muatan Balon Atmosfer (Kombat) 2015 yang diselenggarakan di Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat pada tanggal 2-5 Agustus 2015. Dalam kompetisi tersebut Gadjah Mada Aerospace Team sukses menyabet juara 1 pada kategori Muatan Roket dan juara 2 pada kategori roket  EDF.

Mahasiswa UGM yang berhasil meraih juara 1 pada kategori muatan roket, yaitu Muhammad Randi Ritvaldi,Dwi Aji Kurniawan, Ardita Wiratama, Edo Probolaksono Aganinggar, Luthfan Nur Ubai, Dera Rachmawaty Kusuma, Ghafar Ramadhan Fakih, Naufal Imaduddin, Yudha Bakti Nugroho, dan Andi Surya Rakhmawan.

Sementara untuk juara 2 kategori roket EDF terdiri atas Wisnu Pamungkas, Aji Resindra Widya, Fahdy Nashatya, Handoko Kustanto, Arief Rizkyawan, Bayu Satria Buwana, Naufal Idharuddin Nasiri, Thundra Akbar Sudarsono, Shodiq Jati Premono, Maulana Ridwan Fathoni, Dhanimsya Hudasaputra, Aditya Fadzilah, Fatimah Tri Windrasti, Dyah Pribandaru Nirmalasari, Zulfikar Mujahid, Bhima Caraka, Rendi Fitranu, Mario Adhi, serta Randi Aldo.

“Tim UGM berjaya pada kompetisi ini setelah meraih emas dan perak,” kata salah satu anggota tim Dyah Pribandaru, Kamis (6/8) di UGM.

Dyah menuturkan penyelenggaraan Komurindo dan Kombat 2015 diikuti oleh 56 tim dari 27 universitas di Indonesia yang terdiri dari 20 tim peserta kompetisi kategori muatan roket, 20 tim peserta kategori roket EDF, dan 16 peserta Kombat. Keseluruhan tim tersebut telah lulus dalam seleksi tahap I dan II, serta telah mengikuti workshop sebagai syarat wajib yang harus dipenuhi para peserta.

“Beberapa tahap seleksi tersebut diantaranya evaluasi proposal, evaluasi laporan perkembangan, kemudian diadakan workshop, dan pelaksanaan kompetisi di Lanud TNI AU, Pameungpeuk Garut Jawa Barat. Sebelum akhirnya dilaksanakan uji fungsional dan uji terbang,” imbuhnya.

Secara lengkap hasil kompetisi kategori muatan roket, yaitu juara 1 Gathotkaca UGM, juara 2 StarPENSky-X4 Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, dan juara 3 Krakatau 5.6 STMIK Teknorat Bandar Lampung.

Sedangkan untuk kategori roket EDF, juara 1 disabet oleh DIRK RKF-SCUTUM Universitas Komputer Indonesia, juara 2 UFO UGM, dan juara 3 Flashships Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

Pada kompetisi kategori Balon Atmosfer juara 1 diperoleh Arakula APTRG Universitas Telkom, juara 2 Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, dan juara 3 ERGSAT-XI VI5 Universitas Komputer Indonesia.

ugm.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × five =