Ini Kompensasi Pada Penumpang Jika Pesawat Delay
Unisi News , February 20, 2015, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Unisi News

ganti rugi pesawat3

Pesawat merupakan moda transaportasi yang meski banyak orang berpendapat paling mahal biaya tiketnya, tapi mempunyai catatan ketepatan waktu yang akurat dan masih dinilai sebagai transportasi paling aman dibanding transportasi laut dan darat. Tapi nyatanya, beberapa penerbangan masih saja delay dengan berbagai alasan; cuaca buruk, ada kendala teknis, dan lain sebagainya.

Seperti yang sekarang ini sedang ramai menjadi perbincangan, salah satu maskapai penerbangan dengan sangat berat hati mengabarkan bahwa 14 rute penerbangannya harus tertunda. Bahkan, delay itu berpotensi berlanjut hingga Jumat (20/2), alias hari ini. Tak ayal, penumpang yang terlantar mengamuk dan bahkan sempat menyandera beberapa petugas maskapai tersebut. Meski setelah polisi datang, para sandera dibebaskan, dan pihak maskapai segera menyelesaikan perkara ini.

Sebenarnya, jika ada di posisi ini, sebagai penumpang kamu punya beberapa hak tergantung dari lama waktu delay yang kamu dapatkan. Apa saja kompensasinya?

ganti rugi pesawat2

1. Delay lebih dari 60 menit hingga 120 menit, maskapai wajib memberikan makanan ringan (snack).

2. Delay 120-180 menit wajib memberikan makanan berat dan memindahkan penumpang ke penerbangan berikutnya atau badan usaha angkutan udara lainnya bila diminta penumpang.

3. Terlambat lebih dari 240 menit dan penumpang tidak dapat dipindahkan ke penerbangan selanjutnya maka wajib memberikan akomodasi (hotel dan makan), diangkut pada penerbangan berikutnya.

Harapannya sih, semoga maskapai di Indonesia segera introspeksi dan tidak ada lagi penumpang yang menjadi korban delay. Karena yang paling terbuang sia-sia adalah waktu.

juliaalela - berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 13 =