Jogja Petengan Earth Hour Jogja
Unisi News , March 24, 2015, Unisi Radio

JogjaPetengan

Tahun lalu pada tanggal 29 Maret 2014 ada 60 titik dipadamkan secara sukarela pada pukul 20.30 sampai 21.30 oleh individu, komunitas, praktisi bisnis, dan pemerintah sebagai aksi nyata kepedulian terhadap lingkungan.

Selain mengajak seluruh kalangan masyarakat untuk memadamkan lampu selama satu jam, tahun ini Earth Hour (EH) Jogja juga menyuarakan pentingnya aksi nyata untuk mengurangi dampak perubahan iklim ini. Pada tahun ini EH juga melakukan aksi yang lebih besar yaitu konservaksi lingkungan.

Dalam Switch Off Earth Hour Jogja yang diberi nama Jogja Petengan ini, EH Jogja juga berkolaboraksi (kolaborAKSI) dengan Playon Jogja mengadakan kegiatan Lari Malam yang berfungsi juga sebagai penggalangan dana untuk kegitan konservaksi yang dilakukan oleh Earth Hour Indonesia. Playon Jogja merupakan komunitas Indorunner region Jogja. Para pelari, dari komunitas Playon Jogja, akan berlari sejauh 7 kilomter mengelilingi Kota Jogja, termasuk melewati ikon-ikon kota yang dipadamkan selama Jogja Petengan ini.

Tidak hanya di Jogja, aksi seperti ini juga dilaksanakan serentak di 7 region, dan mengangkat 7 isu utama EARTH HOUR Indonesia. Angka 7 diangkat sebagai tema sekaligus perayaan ulang tahun Earth Hour Indonesia yang ke-7. Terdapat 28 kota pendukung EARTH HOUR Indonesia dan terus bertambah.

Jogja petengan sendiri akan dipusatkan di Panggung Realino Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, pada hari Sabtu, 28 Maret 2015 pukul 19.00-22.00 WIB. Untuk kampanye tahun ini EH Jogja didukung oleh mitra-mitra korporasi, dimana masing-masing dari mereka pada tanggal 28 Maret mendatang juga akan melakukan aksi jogja petengan.

[Teks dan foto: @ulinaizna]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 16 =