KEMENRISTEKDIKTI dan DPPM UII Selenggarakan Pelatihan Peningkatan PKM 2015
News , August 12, 2015, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Campus Reporting News

uii

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu sarana yang bisa digunakan oleh mahasiswa dalam rangka mengaplikasikan teori ilmu pengetahuan dan teknologi yang pernah didapatkan pada saat kuliah, dengan itu juga mahasiswa bisa mentransfer teori tersebut menjadi sebuah karya nyata yang kreatif dan inovatif. Permasalahannya adalah saat ini mahasiswa masih banyak yang belum mengetahui secara detail apa itu PKM dan bagaimana proses pengajuannya, serta apa saja yang akan didapat oleh mahasiswa ketika PKM mereka lolos dan didanai RISTEKDIKTI.

Dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut, hari ini (11/8) Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEKDIKTI) melalui Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Program Kreativitas Mahasiswa Tahun 2015 bertempat di Ruang Sidang Perpustakaan Pusat Lantai 2 Gedung Moh. Hatta Universitas Islam Indonesia (UII). Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan mahasiswa dan dosen dari 35-an perguruan tinggi di yogyakarta ini juga merupakan hasil kerjasama dengan Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) UII.

Tampak hadir mengikuti acara tersebut Wakil Rektor III UII Dr. Abdul Jamil, SH., MH., Direktur DPPM UII Prof. Akhmad Fauzy, Ph.D., dan Kepala Subdirektorat Kreativitas dan Pengabdian Kepada Masyarakat KEMENRISTEKDIKTI Dra. Victoriana Suhartini.

Dalam sambutannya, Abdul Jamil memaparkan terkait target UII pada 2016 mendatang untuk bisa mengumpulkan 1000 proposal PKM dari seluruh mahasiswa di UII, maka dari itu upaya sosialisasi dan pendampingan penyusunan PKM pun terus dilakukan. Pihaknya juga akan memberikan reward yang cukup besar bagi mahasiswa yang PKM-nya berhasil lolos dan danai, atau bahkan sampai lolos ke PIMNAS.

Langkah ini mendapatkan apresiasi yang cukup bagus dari Suhartini, “Harapannya, upaya yang dilakukan oleh UII dalam rangka meningkatkan minat mahasiswa mengikuti program PKM ini dapat juga dilakukan oleh perguruan tinggi lain di Yogyakarta,” ungkapnya.

uii.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + 6 =