Laissez Faire! : Pameran Lukisan Willem Kootstra
Jogja Dab! , May 28, 2014, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja : Unisi News

DSCN1186

Laissez Faire! atau Let’s Do It! menjadi judul pameran lukisan Willem Kootstra yang diadakan sampai 14 Juni 2014 di Nalarroepa Ruang Seni, Kasihan, Bantul.

Sebanyak sebelas lukisan yang dibuat dalam kurun waktu 2013 sampai 2014 dipamerkan dalam pameran kali ini. Willem Kootstra menjelaskan bahwa maksudnya mengambil Laissez Faire! sebagai tema pamerannya untuk menggambarkan bahwa dalam melukis ia adalah seorang perupa yang tidak memiliki konsep sebelum melukis dan cenderung langsung melukis tanpa banyak berpikir dahulu.

Lukisan – lukisannya terinspirasi dari banyak hal, seperti lukisan yang berjudul sama dengan tema pameran ini , Laissez Faire!, yang penuh dengan sensasi keselarasan warna hijau, merah, kuning, coklat kehitaman, dan putih. “Bidang – bidang itu seperti bermunculan begitu saja, spontan tidak beraturan, tetapi saling berinteraksi dan berkolaberasi semaunya,” ujar Sulebar M. Soekarman, pelukis abstrak dari Yogyakarta.

Dari semua lukisan yang dipamerkan kali ini, Willem Kootstra menunjuk satu lukisan berjudul ‘The King and I’ berkesan untuknya. ‘The King and I’ yang merupakan judul naskah William Shakespeare, memiliki makna lain baginya.

Kootstra menceritakan bahwa selain judul naskah itu, ia juga merujuk pada pelukis kelahiran Belanda, Willem De Kooning, yang menjadi inspirasi untuknya dan dianggapnya sebagai hero. Maka, lukisan abstrak ini menceritakan tentang dia dan Willem De Kooning yang diterjemahkan dalam ‘The King and I’.

Willem Kootstra, yang lahir di Bandung pada 13 Agustus 1938 memutuskan menjadi pelukis abstrak sejak tahun 1993. Ia memilih menjadi pelukis abstrak karena ketertarikannya dalam menggunakan warna sebagai bentuk ekspresi dan dia mempercayai ada banyak gambar ketika mata melihat, seperti ungkapan Sam Francis, pelukis abstrak kelahiran California. Sejak tahun 2003, Kootstra sudah menetap di Yogyakarta dan sedang dalam proses menjadi Warga Negara Indonesia.

@Ulinaizna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 1 =