Mahasiswa UII Raih Prestasi dalam Lomba Desain Perhiasan Tingkat Asia Oceania
News , October 5, 2015, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Campus Reporting News

2015.10.02.desain

Prestasi yang berhasil diukir oleh mahasiswa UII ternyata tidak hanya berhenti di level nasional namun juga berlanjut hingga level internasional. Kali ini, seorang mahasiswa UII atas nama Bayu Dharma Saputra, berhasil menjadi salah satu dari dua peserta asal Indonesia yang mendapatkan penghargaan bergengsi (Honorable Mention Award) dalam 3Design Asia and Oceania Jewellery Design Contest 2015.

Kompetisi ini merupakan ajang lomba desain perhiasan tingkat internasional yang mempertemukan lebih dari 500 orang perancang perhiasan dari berbagai negara, seperti Tiongkok, Hong Kong, Taiwan, Jepang, Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Australia. Dalam kompetisi ini, tiap perancang perhiasan saling menunjukkan keindahan desain perhiasan mereka dengan menggunakan software yang dirilis oleh perusahaan 3Design.

Bayu Dharma Saputra, yang merupakan mahasiswa jurusan Teknik Mesin UII mengajukan rancangan perhiasan liontin dengan desain yang unik sehingga berhasil menarik perhatian para juri dan memperoleh penghargaan.

“Pengumuman pemenang sebenarnya diadakan pada 12 September 2015 di Shenzhen Exhibition Center, Tiongkok. Namun karena saya tidak bisa hadir, maka pemberian penghargaan dilakukan di Jakarta berbarengan dengan acara Seminar 3design Software V9 pada 22 September lalu”, ungkap Bayu di kampus terpadu UII. Hadiah berupa tropi dan sertifikat penghargaan diserahkan langsung oleh David Lehman sebagai Manager, Support and Services -Type 3 dari Perancis, sekaligus narasumber pada acara tersebut.

Menanggapi raihan prestasi ini, Kaprodi Teknik Mesin FTI UII, Dr.Eng. Risdiyono, M.Eng mengatakan bahwa prodinya memang tengah serius untuk mengembangkan salah satu keunggulan di bidang desain dan manufaktur seni dan perhiasan. “Alhamdulillah mulai membuahkan hasil. Ini prestasi yang sangat menggembirakan dan menjadi bukti bahwa mahasiswa kita memiliki potensi yang tinggi”, ucapnya. Terlebih dari sekitar 20 desain perhiasan yang dikirimkannya dalam kompetisi, 7 di antaranya masuk 50 besar, dan satu yang menjadi juara.

Padahal menurut dia, para mahasiswanya tergolong baru dalam mengenal software 3Design yang digunakan dalam lomba tersebut. Para mahasiswanya intens mempelajari dan mempraktekkan desain dengan software tersebut dalam waktu kurang dari seminggu.

“Kebetulan ada alumni Teknik Mesin UII yang bersedia meminjami lisensi software 3Design kepada kami selama kurang lebih 1 bulan. Dia juga mengirimkan staff-nya untuk mentraining mahasiswa kita selama 4 hari. Ini satu hal yang patut kita apresiasi”, pungkasnya.

uii.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × three =