Mahasiswa Universitas Sanata Dharma Juara Kompetisi Farmasi Internasional
News , October 1, 2015, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Campus Reporting News

usd

Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma (USD), Greta Paulina merebut Juara II Dunia Patient Counseling Competition dalam 61st IPSF World Congress 2015 di Hyderabad, India belum lama ini.

Dosen Fakultas Farmasi USD yang ikut mendampingi Paulina, Ipang Djunarko mengatakan acara ini sebenarnya acara tahunan dimana semua perwakilan farmasi berlomba-lomba tentang pengetahuan mereka dalam dunia obat-obatan.

“Memang tidak mudah karena FF USD mewakili Indonesia harus berhadapan dengan Canada, USA, Australia, Mesir, Denmark, India, Belanda, Zimbabwe, Slovenia, Austria. Peserta yang berkompetisi merupakan mahasiswa farmasi di seluruh dunia dan menjadi perwakilan dari negara tersebut,” jelas Ipang di Kampus 3 USD, Selasa (29/9/2015).

Kompetisi PCC dikategorikan dalam dua level, yaitu Beginner untuk mahasiswa S.1 dan level Advance untuk mahasiswa Profesi Apoteker/S.2/S.3. Perbedaan kedua level juga terkait ke dalaman dan tingkat kesulitan kajian resep yang harus diselesaikan peserta dalam memberikan pelayanan konseling kepada pasien.

“Tuntutan keberhasilan konseling tidak hanya dalam penggunaan bahasa komunikasi yang efektif dan efisien, namun sikap empati dan kebenaran informasi pemberian obat dari resep juga harus diperhatikan,” jelas Ipang.

Menurut Paulina, prestasi ini tidak diraih dengan mudah. Sebelumnya dia harus menyisihan puluhan peserta di level Advance untuk dipilih menuju final dengan kasus resep obat epilepasi. Di level Advance Paulina bersama peserta finalis dari Hebatullah Mostafa ElRefaie (Mesir), dan Christine Echtenkamp (USA) dengan kasus resep obat Hormon untuk pascamenopose.

“Bagaimanapun akhirnya saya harus mengakui jika USA masih lebih bagus. Namun hal ini sebenarnya sudah menunjukkan jika kami para apoteker Indonesia bisa berkontribusi dengan dikancah dunia,” jelas paulina.

Menurut Paulina kerja kerasnya ini berkat Program Studi Profesi Apoteker FF USD dengan kelompok studi Patient Counseling Club BEMF Farmasi yang aktif berkegiatan setiap hari Jumat dan Minggu.

“Kami aktif melakukan pekerjaan kefarmasian secara sosial pada hari-hari itu. Rupanya sering berinteraksi dengan orang bisa membuahkan hasil sebagai juara,” kata Paulina.

harianjogja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 3 =