Mahasiswa UNY Berhasil Raih Juara 1 Lomba Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia
News , October 7, 2011, admin

Kampus Reporting News, 7 Oktober 2011

Janu Arlin Wibowo, Delthawati Isti R dan Rina Supriyani mahasiswa  Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta berhasil meraih juara satu bidang IPA dalam lomba Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia atau PPRI ke-10 tahun 2011 yang diselenggarakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerja sama dengan AJB Bumiputera 1912. Pada ajang kompetisi ilmiah bagi mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia jenjang S1 dengan rentang usia 20-24 tahun, mereka menyajikan karya tulis berjudul “Inovasi Alat Ukur Besaran Fisika Berhuruf Braille Guna Mendukung Kelancaran Siswa Tunanetra Dalam Mempelajari Materi Pengukuran”.

Di jelaskan Janu, awal ketertarikan mereka karena melihat siswa tuna netra yang memiliki keterbatasan dalam penglihatan sehingga menghambat dalam kegiatan praktikum IPA khususnya Fisika yang membutuhkan kemampuan untuk menggunakan alat pengukuran yang identik dengan pembacaan skala. Kemudian di coba  membuat suatu inovasi alat ukur besaran fisika  yang dapat digunakan dalam praktikum IPA untuk siswa tunanetra berupa alat ukur panjang, massa, gaya dan volume dengan menggunakan huruf braille.

Mereka  melakukan penelitian  sejak awal Februari 2011 sampai dengan akhir Agustus 2011, yang di laksanakan di beberapa tempat yaitu Laboratorium Bengkel Fisika FMIPA UNY, Resource Centre Yogyakarta, SLBN 1 Bantul, MTs LBIA Yaketunis dan MAN Maguwoharjo yang merupakan sekolah inklusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 20 =