Mahasiswa UNY Tampilkan 120 Busana Karyanya
News , April 16, 2018, Unisi Radio

SONY DSC

Pergelaran busana bertajuk ‘Movitsme’ yang menampilkan lebih dari 120 produk busana mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta di auditorium kampus tersebut, Rabu (11/04/2018). Ratusan karya yang ditampilkan terdiri dari dua kategori yaitu butik dan garmen.

Busana yang ditampilkan sendiri merupakan karya dari mahasiswa UNY D3 dan S1 Program Studi Pendidikan Teknik Busana dan Teknik Busana. Mereka menciptakan karya busana sebagai tugas akhir dan karya inovasi dalam perkualiahan mereka.

Butik merupakan karya yang menonjolkan detail busana seperti pernak pernik dan model busana. Sedangkan garmen merupakan karya yang lebih mengutamakan selera pasar.

Dengan tema Move To It’s Me (Movitsme) para mahasiswa berusaha untuk menunjukkan bahwa karya mereka berpotensi untuk bersaing di pasaran. Selaras dengan tema, para calon designer juga memiliki keinginan untuk membawa nama Indonesia menembus pasar internasional dengan kearifan lokal yang ada pada karya mereka.

Acara dimulai dari pukul 18.00-22.00 dengan rangkaian diantaranya fashion show, karnaval, dan awarding. Fashion show dan karnaval dilaksanakan pada waktu pertengahan acara dan awarding pada akhir acara.

Pada fashion show, semua busana ditampilkan oleh 35 model. Terdapat juga busana yang dipajang disepanjang pintu masuk pegelaran busana.

Puncaknya pada akhir acara yaitu awarding. Dalam rangakaian acara ini akan diumumkan karya busana terbaik dari mahasiwa yang dinilai oleh juri yang ahli dalam bidang tata busana. Selain itu juga dinilai dari voting 1000 pengunjung yang datang pada Pagelaran Busana Movitsme.

Salah satu pengunjung Risna, alumni mahasiswa teknik busana mengaku “Kalau dari tahun sebelumnya karyanya lebih bagus dan lebih menuruti selera pasar”. Ia juga berharap agar event selanjutnya lebih baik lagi dan tidak hanya diselenggarakan di universitas saja tetapi bisa diluar kampus agar masyarakat tahu.

“Untuk menyelenggarakan acara tahunan ini, panitia yang terdiri dari mahasiswa angkatan 2016 hingga 2017 telah melakukan persiapan dalam waktu enam bulan,” tutur Kurnia Widhiastuti, ketua panitia III.

krjogja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 4 =