Menakertrans Resmikan Pusat Kajian Perlindungan Sosial dan Kelayakan Kerja
News , October 7, 2011, admin

Kampus Reporting News, 7 Oktober 2011

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) RI, Drs. Muhaimin Iskandar, M.Si, meresmikan Pusat Kajian Perlindungan Sosial dan Kelayakan Kerja, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) UGM. Peresmian di laksanakan bersamaan dengan Seminar Nasional “World Decent Work Day” di Ruang Seminar Pasca sarjana. Menurut Menakertrans, pusat kajian decent work atau kelayakan kerja merupakan pusat kajian ketenagakerjaan yang pertama kali ada di Indonesia. Pusat kajian decent work akan lebih banyak meneliti dan mengkaji berbagai alternatif solusi atas berbagai permasalahan ketenagakerjaan serta menyajikan rekomendasi yang visible, baik bagi formulasi kebijakan maupun untuk pelaksanaan operasional di lapangan.

Ditambahkannya, keberadaan pusat kajian decent work akan menjadi salah satu aset nasional yang dapat diambil manfaatnya oleh banyak pihak, terutama dari kalangan pemerintah dan swasta untuk merealisasikan pekerjaan yang layak di Indonesia. Konsep decent work, seperti yang direkomendasikan ILO atau Organisasi Buruh Internasional.

ILO memiliki empat tujuan strategis, di antaranya mempromosikan lapangan kerja, mempromosikan dan mewujudkan prinsip-prinsip dan hak-hak mendasar di tempat kerja, mempromosikan dialog sosial dan tripartisme dan membangun dan mengembangkan perlindungan social.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + five =