Mengenalkan Yogyakarta pada Mahasiswa Darmasiswa 2015
News , September 24, 2015, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Campus Reporting News

Berita_USD_21092015130125_Sep15_05_darmasiswa1

Darmasiswa adalah ­sebuah program pemerintah yang mana pemerintah memberikan beasiswa kepada mahasiswa asing untuk belajar bahasa dan budaya Indonesia selama enam hingga dua belas bulan. Universitas Sanata Dharma (USD) sebagai salah satu Perguruan Tinggi  di Indonesia turut serta dalam program tersebut dengan setiap tahunnya menerima beberapa mahasiswa Darmasiswa untuk belajar di USD.

Pada 2015 ini ada tujuh mahasiswa Darmasiswa yang datang ke USD. Ketujuh mahasiswa tersebut berasal dari Jepang, Thailand, Vietnam, Ukraina, dan Uzbekistan. Setelah hampir satu minggu di Yogyakarta, pada 5 September 2015, para peer partners dari Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional mengenalkan sebagian kecil Yogyakarta kepada mereka. Dimulai dengan mengenalkan transportasi umum yang dapat mereka gunakan yaitu Trans Jogja, dilanjutkan dengan berkunjung ke Keraton Yogyakarta, lalu berjalan kaki ke Taman Sari, makan siang dan berjalan ke area Malioboro.

Mengenalkan sebuah Kota yang penuh budaya bukan hal yang mudah apalagi dilakukan oleh orang yang bukan dari Yogyakarta. Oleh karena itu, kunjungan ke Keraton dan Taman Sari menjadi ajang belajar budaya bagi peer yang berasal dari luar Yogyakarta. Para mahasiswa Darmasiswa tampak sangat antusias mengikuti kegiatan hari itu. Mereka mendengarkan dengan seksama penjelasan dari pemandu wisata di Keraton dan Taman Sari. Dengan mengunjungi dua tempat bersejarah tersebut, mereka belajar sejarah dan budaya pada waktu yang sama.

usd.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + eleven =