Mengenang 9 Tahun Gempa Jogja
Jogja Dab! , May 27, 2015, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Jogja Dab

gempa

Hai Intelektual Muda, inget tanggal 27 Mei sembilan tahun yang lalu Jogja ada apa? Buat kamu yang tinggal di Jogja dan sekitarnya pasti inget banget. Hari ini tepat sembilan tahun gempa dahsyat mengguncang kota Jogja dan sebagian wilayah Jawa Tengah. Gempa berkekuatan 5,9 skala Ritcher terjadi pada hari Sabtu 27 Mei 2006 pukul 05.53 WIB. Gempa yang berlangsung selama kurang lebih 57 detik ini disusul dengan beberapa gempa susulan dengan skala yang lebih kecil. Meski waktunya enggak sampai satu menit, tapi tetep aja yang namanya gempa bikin panik dan takut semua orang.

Waktu itu sempet muncul isu bahwa akan terjadi tsunami. Duh gimana masyarakat gak makin panik coba! Alhasil banyak warga yang berbondong-bondong mengungsi ke arah utara atau mencari tempat berlindung yang lebih tinggi dan aman. Hal ini membuat arus lalu lintas menjadi macet dan kacau.

Gempa yang berpusat di Samudra Hindia, sekitar 33 kilometer sebelah selatan Kabupaten Bantul, Provinsi DIY ini menewaskan lebih dari 5.700 orang, melukai puluhan ribu orang, dan menghancurkan ratusan ribu rumah. Kini sembilan tahun telah berlalu, masyarakat Jogja telah bangkit dari keterpurukan. Sejak selasa malam kemarin, hingga hari ini para Netizen mengenang tragedi gempa Jogja melalui hashtag #9thGempaJogja. Netizen beramai-ramai menceritakan pengalamannya dan mengunggah foto-foto saat gempa terjadi. Tagar #9thGempaJogja pun sempat menduduki trending topic Twitter di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 3 =