Milad ke 36, Fisipol UMY Gelar Temu Alumni
News , April 17, 2017, Unisi Radio

Dalam rangka Milad Fisipol UMY ke 36, Fisipol UMY lewat BEM Fisipol UMY menggelar temu alumni bertajuk “Potret Nostalgia” di lantai 1 Gedung E6, KH Ibrahim pada Jumat (14/4) malam. Acara ini dihadiri kurang lebih 200 alumni Fisipol UMY dari berbagai angkatan, juga dimeriahkan berbagai penampilan antara lain Teater Tangga, penampilan akustik dan pemutaran video.

Wakil Dekan II Fisipol UMY, Bambang Wahyu Nugroho, S.IP, M.A saat diwawancara BHP menyatakan acara Temu Alumni ini menjadi batu loncatan Fisipol UMY dalam pembinaan alumninya. “Acara ini jadi titik pijak Fisipol menyempurnakan pembinaan alumni. Karena memang salah satu tugas dari Universitas juga adalah membina alumninya,”jelasnya.

Hal ini dikarenakan alumni juga menjadi faktor penunjang akreditasi perguruan tinggi. “Alumni juga punya credit point dalam akreditasi institusi, baik di prodi maupun AIPT. Jadi Kalau kita mengaku Perguruan Tinggi dengan akreditasi A, baik AIPT dan prodi, pembinaan alumni harus baik juga. Sehingga alumni akan terpantau, terbantu karirnya, kemudian memberi kontribusi positif pada jurusan, fakultas dan Universitas,”lanjut dosen Hubungan Internasional ini.

Temu Kangen Alumni ini juga senada dengan visi Keluarga Alumni (KA) UMY yang ingin membentuk kepengurusan komisariat Fisipol. “Karena selama ini KAUMY terdiri dari dua struktur yaitu Pengurus Daerah, yang mewadahi alumni sesuai dengan daerah masing-masing. Dan pengurus komisariat yang mewadahi alumni sesuai dengan fakultasnya. Nah itu yang belum terbentuk di Fisipol. Sehingga saya rasa perlu untuk berkumpul dan didata dan dari data tersebut kita bentuk kepengurusan komisariat Fisipol,”lanjutnya.

Bambang menuturkan rencananya Temu Kangen Alumni akan diadakan secara rutin 1-2 tahun sekali dan berharap diadakan tracer study oleh Fisipol. Sebelumnya, Temu kangen alumni sudah pernah diadakan namun tidak ada niat untuk membentuk kepengurusan. “Dulu pernah diadakan, 10 tahun lalu, cuma kangen-kangenan aja. Untuk kali ini bergerak membentuk kepengurusan. Kami berencana merutinkan pertemuan alumni setahun atau dua tahun sekali, terutama untuk mengamati alumni sehingga ada tracer study di situ,”tuturnya.

Selain Temu Alumni, Rangkaian Milad Fisipol ke-36 juga telah diadakan sejak Februari. “Temu Alumni ini menjadi salah satu rangkaian acara dari Milad Fisipol ke-36. Rangkaian milad sudah dimulai sejak bulan Februari lalu. Beberapa kegiatannya Antara lain Opening Ceremony, Periksa kesehatan, pengabdian masyarakat, dan berbagai lomba-lomba untuk mahasiswa ,”tutupnya.

umy.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + eleven =