Moana: Mengarungi Lautan untuk Menyelamatkan Dunia
Latar , December 9, 2016, Unisi Radio

Disney menambahkan tokoh untuk jajaran Disney’s Princess. Kali ini, tokoh ‘princess’ yang dimunculkan bukanlah seorang putri yang tinggal di kastil yang megah atau menggunakan gaun indah, melainkan puteri seorang kepala suku Pulau Motunui di Polinesia.

Moana

Dikisahkan dahulu kala bumi hanyalah hamparan samudera luas. Kemudian, Te Fiti, dewi pulau, menciptakan semua kehidupan dan menjadi sebuah pulau. Suatu hari, semorang manusia setengah dewa bernama Maui (Dwayne Johnson “The Rock”) mengambil jantung Te Fiti yang dipercaya bisa membawa kehidupan bagi dunia. Sesaat setelah itu, seluruh pulau Te Fiti menjadi gelap dan rusak. Maui mencoba keluar dari pulau tersebut dan berhadapan dengan raksasa lava Te Ka yang menyerangnya dan menyebabkan Maui terlempar jauh terpisahkan dengan pusakanya berbentuk kail pancing raksasa. Kejadian itu turut membuat jantun Te Fiti terjatuh di tengah laut dan menghilang.

Gramma Tala (Rachel House) menceritakan kisah ini pada anak-anak di Pulau Motunui. Namun, di saat anak-anak lain ketakutan, Moana Waialiki (Auli’i Cravalho) malah semakin bersemangat mendengarkan cerita yang disampaikan neneknya itu. Moana tampak tertantang dengan cerita yang ditutup dengan pesan dari neneknya bahwa suatu hari nanti akan ada seorang yang pemberani menemukan Maui dan jantung Te Fiti lalu mengembalikan jantung itu ke tempatnya.

Semangat Moana untuk mengarungi samudera ditentang keras oleh ayahnya, Chief Tui (Temuera Morrison). Chief Tui melarang keras seluruh penduduknya untuk berlayar melewati batas karang yang mengelilingi laguna Pulau Motunui. Ia menekankan betapa lautan di luar sana sangat berbahaya.

moana

Tiba-tiba, tanaman di seluruh pulau rusak dan ikan-ikan tidak lagi ditemui di laguna. Moana pun berkeras ingin mencari jantung Te Fiti untuk menyelamatkan kampung halamannya. Namun, ayahnya tetap menentangnya. Lewat bantuan Gramma Tala, Moana menemukan bahwa dahulu kala sukunya adalah pengembara yang berlayar untuk menemukan pulau baru. Tak lama, Gramma Tala meninggal dan Moana pun memberanikan diri untuk mengarungi samudera dan mencoba menemukan jati dirinya sambil mencari Maui dan mengembalikan jantung Te Fiti.

Banyak sentuhan emosional yang ditampilkan dalam film animasi ini. Bagaimana gejolak batin Moana yang mengetahui dirinya telah ‘dipilih’ oleh Sang Samudera untuk menyelamatkan dunia, tapi ia juga tidak ingin mengecewakan ayahnya. Bahkan Maui pun punya sisi melankolis saat menceritakan kisah hidupnya yang berawal sebagai anak yang tidak diinginkan dan alasan sebenarnya ia mengambil jantung Te Fiti yang jauh dari keegoisan.

moana

Secara garis besar, plot dari film Disney’s Princess ini sejenis dengan Mulan yang juga berjuang untuk menyelamatkan kehidupan di tempat asalnya. Dari segi setting, film Moana setipe dengan Pocahontas dan Brave yang jauh dari kemewahan dan banyak bermain dengan alam. Jiwa pemberani Moana pun patut disandingkan dengan Anna dan Elsa (Frozen), Belle (Beauty and The Beast), dan Rapunzel (Tangled). Kesamaan yang bisa ditemukan dalam film ini dengan film Disney’s Princess lainnya adalah petualangan mereka yang sekaligus menjadi perjalanan mencari jati diri.

Film ini dapat mengajarkan bagaimana kita harus berjuang untuk menjalani apa yang kita yakini, sekalipun ada orang-orang yang tidak yakin pada kita dan banyak rintangan yang harus dilalui. Moana yang hanya gadis pulau juga memperlihatkan bagaimana niat yang sederhana namun kuat akan membawa kita pada tujuan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × five =