Muncul di Twitter, Ini Akun Pertama yang Diikuti Snowden
Unisi News , September 30, 2015, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Unisi News

6YM0GkDqoQ

Whistleblower Edward Snowden menampakkan diri di dunia maya. Snowden muncul di sosial media Twitter dengan akun @Snowden.

Akun pria asal Carolina Utara ini mendapatkan tanda verified dari Twitter. Selain itu, cuitan pertama yang dikeluarkan Snowden sedikit ‘nakal’.

“Can you hear me now?” tulis Snowden di akun twitternya, Selasa (29/9/2015).

Snowden masih mengikuti satu buah akun. Akun yang diikuti itu merupakan tempat ia bekerja dulu, National Security Agency (NSA) milik Pemerintah Amerika.

Snowden sempat membuat heboh publik karena tindakan membocorkan sejumlah dokumen rahasia milik NSA. Atas tindakannya itu, Snowden pun diganjar penghargaan Pulitzer dalam kategori jasa publik.

Akun Twitter Rektor University of Glasgow ini langsung menyedot perhatian pengguna Twitter. Saat berita ini disusun, Snowden telah memiliki lebih dari 123 ribu pengikut.

Dalam biografi halaman Twitternya, Snowden mendiskripsikan diri sebagai orang yang pernah bekerja untuk pemerintah. Namun, kini ia memutuskan bekerja untuk publik. Ia juga menambahkan keterangan sebagai Direktur Freedom of Press yang berkutat di bidang jurnalistik.

Akun @Snowden dulunya dimiliki seseorang. Namun akun ini tak lagi digunakan selama beberapa tahun. Twitter kemudian mengontak Snowden untuk menanyakan keminatan pria asal Carolina Utara itu dengan akun tersebut. Menurut Pengacara Snowden Ben Wizner seperti dilansir The Intercept_, akun itu akan dikelola Snowden sendiri.

Snowden dianggap pahlawan bagi sebagian orang, sebagian lagi menganggap sosok kontroversial ini sebagai pengkhianat. Kini, Snowden menghabiskan hari di Moskow, ia mendapatkan suaka dari Pemerintah Rusia setelah Pemerintah Amerika menuntutnya dengan tiga tindakan pidana berat.

metrotvnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × two =