Musim Hujan Datang! Yuk, Ikuti Tips Ini
Unisi News , October 30, 2013, Unisi Radio

hujan

Unisi Radio Jogja : Unisi News

Banyak orang bilang kalau udah masuk bulan dengan akhiran -er, bersiaplah bahwa hujan akan sering turun! Terbukti ya, Akhir Oktober ini Jogja makin sering diguyur hujan. Walaupun masih dalam masa transisi alias masa pancaroba (peralihan musim dari kemarau ke hujan), ga ada salahnya kamu mulai siaga terhadap apapun yang bisa dialami saat hujan sudah sering turun seperti sekarang ini.

Nah, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti buat menghadapi musim hujan. Simak baik-baik ya;

1. Jaga segala macam makanan yang kamu konsumsi

Sebaiknya hindari dulu minuman dingin dan makanan yang kurang higienis. Ngga ada yang tau kan kalau mungkin tubuh kurang fit, tanpa sengaja kamu mengkonsumsi makanan/minuman yang kurang baik untuk tubuh saat musim sedang ngga oke kaya sekarang, bisa jadi tubuh malah jadi drop.

2. Bawa payung saat bepergian

Peribahasa sedia payung sebelum hujan paling pas ya dipakai saat seperti sekarang ini. Baik bepergian menggunakan kendaraan pribadi maupun umum, saat musim hujan payung jadi senjata paling penting. Jangan sampai ketinggalan ya!

3. Periksa atap rumah/kos

Nah, karena udah lama banget nggak hujan, biasanya kita suka kaget ternyata ada atap rumah/kos yang berlubang dan bikin bocor. Daripada repot mesti siapin ember buat air hujan yang masuk ke rumah, mending sih benerin aja atapnya. Inget, musim hujan biasanya sampai awal tahun depan, lho.

4. Hati-hati dalam berkendara

Kalau bawa motor, siapin selalu yang namanya mantel (jas hujan). Lebih aman sih mantel yang model atasan-bawahan (celana) daripada mantel model batman (ngerti kan maksudnya?). Kenapa? Beberapa orang dirugikan pakai mantel model batman karena bagian belakang sering ganggu terkena angin dan bisa saja keselip di jeruji motor. Gunakan kecepatan kurang dari 40 km/jam. Hati-hati ketika hendak berbelok karena pada saat musim hujan,air akan membawa banyak debu dan pasir. Dan pasir itu akhirnya akan berkumpul di belokan jalan beraspal. Hati-hati kendaraan kamu akan dengan mudah tergelincir begitu saja. Untuk pengguna mobil, pastikan wiper mobil nggak macet dan walaupun bikin males, sebaiknya setelah selesai digunakan, mobil segera di-lap agar tidak meninggalkan noda saat sudah kering.

Umm, ada tips lain? share yuk!

berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + ten =