Ngabuburit di Jogja? Coba ke Beberapa Tempat Ini, Yuk!
Jogja Dab! , June 24, 2015, admin

Unisi Radio Jogja : Jogja, Dab!

Ngabuburit, yang merupakan istilah dari bahasa Sunda ini memiliki arti menunggu atau menghabiskan waktu hingga menjelang waktu Adzan Maghrib datang. Buat kebanyakan orang, apalagi anak muda, ngabuburit dipakai buat jalan-jalan sore sambil mencari makanan untuk berbuka (takjil). Nah, Intelektual Muda, di Jogja ini banyak banget pasar Ramadhan yang digelar rutin setiap Bulan Ramadhan yang menyuguhkan banyak sekali penjual takjil dengan berbagai makanan dan minuman yang pastinya menggugah selera. Dimana sajakah Pasar Ramadhan itu? Nih, kita kasih tau satu-satu :

1. Pasar Sore Ramadhan Kauman

pasar kauman

Pasar yang digelar setiap bulan Ramadhan ini ada sejak tahun 1973 di sebuah gang sempit di Kauman, Gondomanan. Nggak heran, lokasi ini selalu penuh dipadati pengunjung yang berburu Takjil untuk berbuka. Karena berada di sebuah gang, salah satu keunikan dari pasar sore di Kampung Kauman ini adalah pemandangan pengunjung  yang saling berdesakan satu dengan yang lain. Tapi, disitulah titik keseruannya. Inget, kalau mau kesana jangan kesorean ya. Bisa-bisa, jajanan yang pengen kamu beli udah habis duluan.

2. Pasar Sore Kampoeng Ramadhan Jogokaryan

pasar jogokaryan

Kalau kamu ada di Jogja selama bulan Ramadhan,  Kampoeng Ramadhan Jogokaryan jadi satu tempat yang nggak boleh dilewatkan. Kegiatan ini sendiri merupakan sebuah rangkaian kegiatan dari pihak panitia Ramadhan Masjid Jogokaryan yang didukung sepenuhnya oleh warga setempat. Kampung Jogokaryan ini terletak tepat di samping pom bensin perempatan di Jl. Parangtritis Km. 2. Selain dipenuhi oleh penjual makanan dan minuman untuk berbuka, ada juga pedagang yang menjual sandang dan barang dagangan lainnya. Tapi jelas, jumlahnya lebih sedikit dibanding dengan penjual panganan.  Menjelang Maghrib tiba, Masjid Jogokaryan tetap menjadi sumber kegiatan Kampung Ramadhan ini, banyak warga mulai dari anak anak sampai orang tua mendatangi Masjid untuk mengikuti berbagai macam kegiatan yang memang diadakan oleh pihak Panitia Ramadhan Masjid Jogokaryan, seperti lomba adzan, pengajian dan tadzarus Al-Quran, dialog budaya sampai waktunya sholat taraweh tiba. Bisa tuh sekali-kali kamu ke Pasar Sore Kampoeng Ramadhan Jogokaryan, cari Takjil, sekalian Tarawih di sana. Oiya, kamu juga bisa follow twitter @jogokaryan buat update informasi kegiatan di Kampoeng Ramadhan Jogokaryan.

3. Pasar Sore Ramadhan Lembah UGM

pasar ugm

Kalau biasanya kawasan lembah UGM ramai pedagang di hari Minggu Pagi a.k.a Sunday Morning, berbeda dengan di Bulan Ramadhan, dimana setiap sore selama Ramadhan, Lembah UGM jadi sasaran masyarakat yang berburu takjil untuk berbuka puasa. Yang beda dengan Pasar Ramadhan lainnya, di sini, banyak dijumpai mahasiswa yang ikut gelar lapak menjual berbagai menu takjil. Biasanya sih, mereka lagi galang dana buat sebuah event atau untuk biaya KKN. Jadi, kalau sore ini masih bingung mau cari takjil dimana, Pasar Sore Ramadhan Lembah UGM bisa jadi pilihan kamu berburu makanan berbuka puasa.

4. Pasar Sore Ramadhan “Jalur Gaza”

pasar gaza

Eits, jangan takut dulu kalau baru denger namanya. Jalur Gaza yang satu ini dijamin jauh dari pertikaian apalagi bom dan gencatan senjata. Jalur Gaza adalah singkatan dari jajanan lauk sayur gubug ashar zerba ada yang terletak di sepanjang Jalan Sorogenen, Nitikan, Kota Yogyakarta. Jalur Gaza ada sejak tahun 2009, dimana warga berjualan di gubuk yang telah disediakan oleh panitia. Nah, kalau mau kesini, selain memperhatikan waktu agar tidak mepet maghrib, mending naik motor aja, karena lokasi ini memanfaatkan trotoar dan jalan raya, crowd yang rame jadi langganan sehari-hari. Jadi musti hati-hati saat berburu menu buka di sini. Nggak perlu bawa senjata, cukup bawa uang dan tas, dijamin kenyang deehh..

Nah, itu dia beberapa Pasar Sore Ramadhan di Jogjakarta yang bisa jadi referensi kamu ngabuburit. Yang mesti diingat, ngabuburitnya nggak melulu diisi dengan berburu jajanan takjil ya, Intelektual Muda. Ikut pengajian, tadarusan atau dengerin #BuburKolak setiap hari jam 16.00-19.00 di Unisi Radio juga pasti bakal nambah banyak manfaat.

Tetep semangat menjalankan ibadah puasa ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 10 =