Perkuat Kapasitas Madrasah, UII Luncurkan Madrasah Empowering Center
News , September 16, 2015, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Campus Reporting News

uii (2)

Dalam konteks pendidikan di tanah air, peran penting madrasah sebagai lembaga pendidikan pionir tidak dapat dipandang sebelah mata. Jauh sebelum sekolah-sekolah modern lahir, madrasah telah tumbuh, eksis, dan mengakar di tengah masyarakat Indonesia. Pada era kemerdekaan, madrasah juga memainkan peranan penting dalam menanamkan nilai-nilai Islam, cinta tanah air, dan patriotisme bagi generasi muda.

Namun saat ini, eksistensi madrasah seolah semakin terpinggirkan oleh lembaga pendidikan modern. Model pendidikan di madrasah dianggap kurang dapat mengikuti perkembangan zaman. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk merevitalisasi dan memperkuat kapasitas madrasah agar lembaga pendidikan tersebut dapat kembali berperan maksimal.

Upaya inilah yang tengah ditempuh oleh Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) UII dengan meluncurkan Madrasah Empowering Center (MEC). Madrasah Empowering Center merupakan inisiatif PAI UII yang bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi DIY. Acara peluncuran institusi ini dilaksanakan bersamaan dengan penandatanganan MoU antara UII dan Kanwil Kemenag DIY di Ruang Sidang Gedung K.H.A. Wahid Hasyim, kampus terpadu UII pada Sabtu (12/9). Turut hadir beberapa pengelola madrasah yang ada di wilayah provinsi DIY.

Rektor UII, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc dalam sambutannya mengatakan bangsa Indonesia tidak akan melupakan peran madrasah dalam menyelenggarakan pendidikan bagi kaum pribumi jauh sebelum adanya sekolah modern. “Kami melihat kondisi madrasah saat ini memerlukan upaya penguatan kapasitas agar tetap dapat bersaing. UII tentunya akan memberikan kontribusi lewat sumbangan pemikiran dan upaya nyata lain lewat kerangka kerjasama ini”, ujarnya. Selain diinisiasi oleh Prodi PAI UII, pembentukan MEC juga mendapat dukungan dari Badan Pengembangan Akademik UII melalui dana hibah internal.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi DIY, Noor Hamid, M.Pd menyambut positif atas inisiatif UII dalam meluncurkan MEC. Menurutnya, kondisi madrasah yang terkesan memprihatinkan tidak dapat dipukul rata. Sebab di beberapa daerah terdapat pula madrasah-madrasah unggulan yang kualitas pendidikannya tidak kalah dengan sekolah modern. “Di Provinsi DIY sendiri, madrasah yang ada kualitasnya cukup bagus. Semoga dengan kerjasama ini kami semakin terdorong untuk mengembangkan madrasah bersama UII”, katanya.

uii.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − five =