Radio Unisi Road Show Peduli Calon Musisi Muda
News , July 28, 2011, admin

Sebutan Jogja sebagai gudangnya musisi muda, bukan tanpa alasan. Terbukti setiap minggu Radio Unisi menerima tidak kurang 10 demo CD rekaman band-band indie di Jogja. Kualitas musik dan rekaman mereka, umumnya boleh diadu dengan band-band nasional yang sudah berbendera label. Dari tahun-ketahun jumlahnya pun tidak pernah susut, meski terkadang band-band indie  ini banyak hanya hidup dalam sekali dua kali rekaman, selanjutnya hilang entah kemana. Dunia panggung untuk mewadai  ekspresi mereka juga semakin jarang, kalaupun ada lebih banyak dimiliki band-band indie yang telah punya nama. Ironis memang, tapi inilah hidup. Menyadari hal ini, Radio Unisi merasa terpanggil untuk menjadi harapan mereka. Selain melalui siaran radio setiap minggunya Jogja Indie Fresh yang selalu menampilkan dialog dan live performance di radio, juga memiliki Indie Chart sebagai barometer kualitas musik para indie band. Untuk wadah dan ajang berkumpulnya para musisi muda dan band indie, Radio Unisi membentuk Birama. Komunitas yang berkumpul setiap saat di Unisi Café, selain sebagai ajang diskusi dan curhat juga menjadi ajang untuk membangun iklim yang sehat dunia musik di Jogja. Niatan yang tulus ini salah satunya diujutkan dengan mengajak band-band indie baru untuk tampil setiap minggu di Unisi On The Street. Tiga hingga empat band setiap malam minggu diajak tampil live dipinggir-pinggir jalan maupun café, disinilah mereka mencoba mengenalkan diri dan melatih berani tampil didepan publik.

Niatan tulus komunitas Birama juga diujutkan membina pada calon-calon musisi di sekolah-sekolah melalui coaching clinic tentang bermain musik. Tim Birama Coaching yang digawangi Eden dan Yudhi telah mendatangi sekolah-sekolah dan mendapatkan respon positif. Tiga sekolah telah disambangi, yaitu SMK Negri 1 Godean, SMA Negeri 1 Kasihan (Tirto), SMA Muhammadiyah 1 (Muhi), respon para siswa  dan pamong sekolah luar biasa. Sedikitnya setiap acara melibatkan 100 an siswa yang berminat bermain musik. Mereka dikenalkan berbagai alat dan cara penggunaannya sampai bagaimana bermain yang baik, setiap pertemuan selalu diakhiri bermain (ngejam) bersama dengan para siswa . Daftar panjang sekolah yang pingin disambangi tim clinic cukup panjang.

  • inchant

    Selamat pagi dan sukses selalu buat UNISI Setelah membaca news Road Show UNISI,Peduli Calon Musisi Muda, saya yang kebetulan dalam proses penggarapan skripsi dengan objek penelitian band independen, tertarik untuk menggali informasi seputar perkembangan Band Independen di Yogyakarta dan peran serta Radio UNISI dalam mewadahi kreatifitas dari band Independn Yogya.Oleh karena itu,jika saya ingin melakukan penelitian berupa wawancara, kira-kira syarat apa saja yang harus saya penuhi. Mohon kiranya apa yang saya tanyakan dapat terjawab.Terimakasih,

    2012-03-04 08:11:48

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 5 =