Sejumlah 599 Mahasiswa Ikuti OSN Pertamina di UII
News , October 16, 2015, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Campus Reporting News

uii

Universitas Islam Indonesia (UII) kembali dipercaya sebagai penyelenggara Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina tahun 2015 tingkat Perguruan Tinggi untuk wilayah DIY. Penyelenggaraan ini merupakan kali kedelapan sejak pertama kali digelar pada tahun 2008 yang lalu. Acara berlangsung di Auditorium Abdul Kahar Mudzakkir, Kampus UII Jl. Kaliurang Km. 14,5 Yogyakarta, pada Kamis (15/10).

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Rektor III UII, Dr. Abdul Jamil, Senior Supervisor Branch Marketing PT Pertamina DIY dan Jateng, Bambang Turyono, Dekan Fakultas MIPA UII yang juga PIC OSN Pertamina UII, Alwar, Ph.D., dan dari perwakilan panitia pusat, Dr. Yekti Widyaningsih.

President Director Pertamina dalam sambutannya yang disampaikan oleh Bambang Turyono, sejak tahun 2008 Pertamina melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) berupaya meningkatkan kualitas dan keinginan mahasiswa Indonesia untuk berprestasi. Berkat kerjasama yang baik antar Pertamina dan Universitas-Universitas di Indonesia tersebut, OSN  Pertamina dari tahun ke tahun terus meningkatkan kualitasnya.

Disampaikan Bambang Turyono, berbeda dibandingkan pelaksanaan tahun sebelumnya, untuk pelaksanaan seleksi science project OSN Pertamina tahun 205 ini fokus pada tema tunggal yakni “Energi Baru dan Terbarukan”. Hal ini dilakukan karena Pertamina melihat bahwa dalam cita-cita bauran energi pemerintah di tahun 2025 nanti, sekitar 25 persen dari seluruh penggunaan energi akan menggunakan energi baru terbarukan.

Lebih lanjut dipaparkan Bambang Turyono, di tahun ini terdapat dua jenis kompetisi, yaitu seleksi teori yang diikuti lebih dari 25.000 peserta dan science project yang diikuti oleh 357 peserta. Tahun ini pula menurutnya OSN Pertamina dapat bekerjasama dengan perguruan tinggi di negara-negara ASEAN untuk kategori science project.

Dr. Abdul Jamil yang secara resmi mebuka acara OSN Pertamina UII tahun 2015 dalam kesempatannya mengatakan, teknologi merupakan bagian terpenting untuk memecahkan persoalan. Di abad yang ke 21 ini menurutnya mahasiswa adalah bagian terpenting diantara peningkatan teknologi tersebut dan Indonesia ke depan bergantung pada para mahasiswa saat ini.

Sementara Alwar Ph.D, dalam laporannya mangatakan, OSN merupakan ajang ilmiah bagi mahasiswa untuk mengapresiasikan kreativitasnya serta untuk mengukir prestasi. Pada pelaksanaan OSN tahun 2015 di UII ini terdapat 586 peserta teori, dan 13 peserta science project. Disampaikan Alwar Ph.D., pada penyelenggaraan OSN tahun sebelumnya, nama UII berhasil terukir sejajar dengan universitas maju lainnya di Indonesia. Karena pada tahun lalu mahasiswa UII berhasil menjadi juara satu pada kategori science project.

uii.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 4 =