STIM YKPN Gelar Pelatihan Prosedur dan Pemasaran Ekspor
News , July 11, 2018, Unisi Radio

Sekolah Tinggi ilmu Manajemen (STIM) YKPN Yogyakarta, kembali mengadakan Pelatihan Prosedur dan Pemasaran Ekspor. Kegiatan yang menyasar mahasiswa S1 ini diselenggarakan selama tiga hari, mulai Senin (9/7/2018) hingga Rabu (11/7/2018).

M. Roni Indarto, kepala prodi S1 STIM YKPN menyebutkan kegiatan ini merupakan kerjasama antara STIM YKPN dengan Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (BBPPEI) Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementrian Perdagangan.

Pelatihan dilaksanakan di kampus Jl. Palagan km 7 dengan materi terdiri kepabeanan, transportasi dan penanganan cargo, prosedur dan dokumen ekspor, pengisian dokumen, pemasaran ekspor, riset pasar dan menyusun rencana pemasaran ekspor.

Pelatihan ini sudah dilakukan sejak tahun 2006 dan tahun ini merupakan angkatan ke-18. Periode ini diikuti sebanyak 60 mahasiswa.

Roni menambahkan bahwa dengan bekal pelatihan ini, dipastikan lulusan STIM YKPN akan memiliki ketrampilan lebih, terutama di bidang ekspor. “Tidak banyak perguruan tinggi, khususnya swasta yang kompeten untuk menyelenggarakan pelatihan seperti ini,” katanya, dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Senin (9/7/2018).

Pada saat yang bersamaan perpanjangan MoU yang dilakukan setiap 5 tahun sekali, ditandatangani oleh masing-masing Ketua, baik dari STIM YKPN maupun dari BBPPEI.

Seusai pelatihan, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengikuti Uji Kompetensi Profesi Ekspor Indonesia yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Ekspor Indonesia (LSPEI). Ujian diselenggarakan pada Kamis (12/7/18).

harianjogja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − 5 =