SV UGM Salurkan Beasiswa untuk Aktivis
News , October 2, 2015, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Campus Reporting News

ugm

Sekolah Vokasi (SV) UGM secara khusus menyediakan beasiswa bagi para aktivis yang posootif. Bahkan dana beasiswa untuk para mahasiswa yang terlibat dalam organisasi kemahasiswaan ini hampir sepertiga dari seluruh dana beasiwa yang digelontorkan oleh Sekolah Vokasi UGM. SV sediakan dana sepertiga dana beasiswa dari SV UGM untuk para aktivis.

Sekitar 25-30 mahasiswa Sekolah Vokasi setiap tahun mendapatkan beasiswa tersebut. Masing-masing mahasiswa mendapatkan beasiswa sebesar Rp 250 ribu per bulan,” kata Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Sekolah Vokasi (SV) UGM Dr Wikan Sakarinto ST MSc dalam talkshow rangkaian kegiatan UGM Expo di Grha Sabha Pramana, Rabu (30/09/2015).

Menurut Wikan ada sekitar 25-30 mahasiswa Sekolah Vokasi setiap tahunnya yang mendapatkan beasiswa tersebut. Beasiswa bagi para aktivis ini bukan hanya untuk kepentingan akademik semata namun untuk investasi bagi bangsa karena dari para aktivis inilah banyak dilahirkan para calon pemimpin masa depan. “Beasiswa ini bukan hanya untuk kepentingan UGM tapi untuk bangsa,” katanya.

Mahasiswa yang diberikan beasiswa ini menurut Wikan nantinya bisa mendorong semangat bagi mahasiswa untuk terus aktif di kegiatan kemahasiswaan. Mereka yang diberikan ini tidak hanya mahasiswa yang aktif dalam organisasi seperti Badan Eksekutif Mahasiswa namun juga mahasiwa yang berkecimpung dalam organisasi unit kegiatan olah raga dan penelitian.

“Mereka wajib membantu kegiatan sekolah vokasi dan pemberian beasiswa sudah berlangsung selama tiga tahun. Ide pemberian beasiswa ini berawal dari inisiatifnya setelah melihat beberapa alumnus UGM yang dahulunya pernah menjadi aktivis banyak memegang posisi penting baik di pekerjaannya dan sebagai pejabat pemerintah,” kata Wikan.

Atus Syahbudin PhD, salah reviewer beasiswa LPDP yang menjadi pembicara dalam talkshow itu mengatakan mahasiswa hendaknya mengetahui bakat dan minat masing-masing. Meski sudah memiliki bakat dan minat, tidak semua yang dicita-citakan bisa tercapai oleh karena itu disarankan mahasiswa bisa bersikap realistis dengan setiap keadaan.

krjogja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 6 =