Tarik Minat Belajar ke Prancis, UII dan IFI Inisiasi Pembukaan Warung Prancis
News Uncategorized , December 18, 2015, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Campus Reporting News

Universitas Islam Indonesia (UII) dan Institut Francais d’Indonesie (IFI) menginisiasi pembukaan Warung Prancis sebagai pusat kebudayaan dan pendidikan tentang Prancis pertama yang ada di UII. Keberadaan Warung Prancis di UII diharapkan dapat menjadi pusat informasi segala hal yang berkaitan dengan Prancis, mulai dari kebudayaan, bahasa, pendidikan, dan masyarakatnya. Dengan adanya pusat informasi semacam ini, para mahasiswa UII dapat dengan mudah mengaksesnya sehingga turut meningkatkan minat mereka untuk belajar ke negeri Menara Eiffel tersebut. Warung Prancis sendiri berlokasi di Lantai 2 Sisi Timur, Gedung Perpustakaan Moh.Hatta, kampus terpadu UII.

Hal ini disampaikan oleh Rektor UII, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc ketika memberi sambutan pada acara pembukaan Warung Prancis yang berlangsung di Gedung Perpustakaan Moh.Hatta UII pada Senin (14/12). Pembukaan juga disaksikan oleh Atase Kerjasama Universitas, Kedubes Prancis di Indonesia, Mr. Antoine du Buysson bersama Direktur IFI, Mrs. Christine Moerman.

“Ini inisiatif yang bagus untuk meningkatkan kerjasama yang terjalin antara UII, Pemerintah Prancis, dan pelaku pendidikan yang ada di kedua negara”, terangnya. Ia berharap para mahasiswa UII dapat memanfaatkan keberadaan Warung Prancis untuk meningkatkan wawasan dan minat belajar terhadap kebudayaan dari negara lain.

Menurutnya minat para pelajar Indonesia untuk belajar di Prancis cukup tinggi. Bahkan saat ini ada dua orang mahasiswa UII yang tengah belajar di Prancis dan salah satunya baru saja dilantik menjadi Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia di Paris. Sebelum memulai sambutannya, Rektor juga mengucapkan belasungkawa atas peristiwa penyerangan di Paris yang telah merenggut banyak nyawa.

Sementara itu, Mr. Antoine du Buysson menyambut baik pembukaan Warung Prancis di UII. Pihaknya memang tengah aktif menjajaki peluang kerjasama dengan berbagai universitas yang ada di Indonesia. “Saya melihat kota Jogja merupakan pusat pendidikan yang penting di Indonesia. Di sinilah terdapat universitas terbaik di negeri ini, salah satunya UII”, katanya. Pembukaan Warung Prancis diharapkan juga menjadi jembatan kebudayaan bagi komunitas Muslim untuk belajar tentang Prancis.

Direktur IFI, Mrs. Christine Moerman mengatakan Warung Prancis akan mengadakan berbagai kegiatan menarik bertema kebudayaan dan pendidikan. “Kami juga memiliki informasi terkait beasiswa pendidikan apa saja yang dapat diperoleh para mahasiswa Indonesia di Prancis”, ujarnya. Meski baru dibuka hari ini, Warung Prancis telah mengadakan berbagai kegiatan seperti kelas bahasa Prancis dan kegiatan menonton film Prancis yang cukup banyak menyedot perhatian mahasiswa UII.

uii.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − eight =