Tim UII Raih Penghargaan Lomba SAR Internasional Antar Universitas
News , May 14, 2018, Unisi Radio


Tim perwakilan UII berhasil meraih penghargaan dalam ajang yang bertajuk Search and Rescue, “International University Search and Rescue Games” (IUSAR). Pada kesempatan kali ini tim UII berhasil meraih 3 penghargaan dari tiga kategori yakni Juara 2 IUSAR Games 2018, Best Team Leader, dan Best Orienteering games. Acara ini berlangsung selama 10 hari dari tanggal 21 April – 1 Mei 2018 bertempat di The Northern of Cyprus, Republic of Turkey.

IUSAR merupakan perlombaan penanggulangan serta pertolongan pertama pada korban bencana alam. Tim UII terdiri dari 7 orang yakni Dwipa Rizki Utama (T. Industri 2014), Balya Ibnu Mulkan (T. Industri 2014), Akbar Haditya (Kimia 2014), Maulana Ihsan Fairi (Ekonomi Islam 2013), Ibnu Ananda (T. Informatika 2013), Marsha Legita Kejora (Manajemen 2014), dan Farraz Nurdhina Kholida (Kimia 2016).

Dalam lomba itu, Tim UII harus bersaing dengan 41 tim dari negara lainnya termasuk Turkey dan Cyprus itu sendiri. Terdapat 5 kategori perlombaan dalam ajang ini seperti pemindahan batu dari posisi A ke posisi B, penanggulangan bencana dari tebing ke bawah dan sebaliknya, penanggulangan bencana dari hard stage, pertolongan pertama dari kecelakaan bermotor, dan penanggulangan bencana dari reruntuhan bangunan.

“UII menjadi satu-satunya wakil dari Indonesia karena menjadi satu-satunya universitas yang meratifikasi kesepahaman dan kesepakatan di bawah IUSAR Council. Acara ini diinisasi untuk membangkitkan jiwa muda untuk peka terhadap tanggap bencana. Kebanyakan yang ikut serta dari Asia Selatan dan Afrika” Ujar Dwipa Rizki Utama selaku ketua Tim UII.

Ia berharap partisipasi dalam kegiatan ini dapat mendorong budaya keselamatan di lingkup universitas. “Harapan dari kami khususnya dalam bidang ini, seharusnya budaya safety harus sudah ada dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa, baik di dalam kampus dan terlebih lebih kegiatan outdoor. Dan semoga kami bisa memberikan pengetahuan dan pengalaman lebih tentang ilmu Search and Rescue” Ujarnya.

uii.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + thirteen =