UAJY Adakan Invitasi Nasional Antar Cabang Merpati Putih
News , September 17, 2015, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Campus Reporting News

uajy (1)

Sebanyak 99 pesilat dari penjuru Nusantara mengikuti Invitasi Nasional Antar Cabang Merpati Putih 2015. Kompetisi ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Dies Natalis ke-50 Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY).

Ketua Panitia, Niko Dariatmo Hasugian mengatakan, invitasi nasional ini menerapkan dua versi sistem tanding.

Pertama, versi IPSI yang mencakup kategori tanding dan seni. Sementara yang kedua menggunakan versi merpati putih, mencakup kategori getaran dan stamina tenaga.

“Kategori stamina tenaga sendiri dengan cara peserta diminta memecahkan benda keras. Jadi kompetisi ini menggunakan dua sistem, empat kategori,” papar Niko, sapaan akrabnya saat ditemui Tribun Jogja di kampus setempat, Rabu (16/9/2015).

Dia menambahkan, invitasi nasional merpati putih yang diadakan oleh pihaknya berbeda dengan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) merpati putih biasanya.

Untuk Kejurnas, lanjut Niko, sistem yang dipakai hanya versi merpati putih saja. Sementara dalam invitasi nasional, pihaknya merombak dan menambah sistem lain.

“Di invitasi yang kami adakan, kita main safety untuk tandingnya tapi tidak meninggalkan khas merpati putih,” imbuh mahasiswa jurusan Teknik Sipil UAJY ini.

Terkait kepesertaan, Niko mengaku pada awalnya sempat kecewa lantaran peserta tanding tak seperti ekspektasinya.

Menurutnya hal itu disebabkan banyak event serupa yang waktu pelaksanaannya bersamaan, seperti POPNas dan kejuaraan pencak silat lainnya.

“Tapi meski jumlahnya tak begitu banyak, peserta yang dikirim masing-masing cabang menunjukkan kualitas. Dalam artian, cabang merpati putih di daerah mengirimkan peserta yang benar-benar berkualitas,” ucap dia.

Niko pun berharap, kompetisi ini dapat mempererat jalinan persaudaraan diantara anggota merpati putih.

Selain itu, peserta diharapkan juga menjadikan invitasi nasional ini sebagai kesempatan untuk mempersiapkan diri menghadapi Pra PON dan PON.

“Kami juga berharap dengan adanya invitasi nasional ini, pengurus merpati putih di UAJY akan termotivasi mengadakan event serupa di tahun depan. Karena kampus sangat mendukung kegiatan positif seperti ini,” tukas Niko.

tribunjogja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three − 1 =