UGM Berikan Gelar Doktor Kehormatan Kepada Gubernur Asal Korea Selatan
News , September 2, 2015, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Campus Reporting News

ugm (1)

Universitas Gajah Mada (UGM) memberikan anugerah gelar doktor kehormatan (honoris causa) bidang pembangunan sosial kepada Gubernur Gyongsambuk-do Korea Selatan, Kim Kwan-yong. Pada saat yang sama, juga diluncurkan Pusat Studi Trisakti dan Saemaul Undong di gedung Filsafat UGM.

Pemberian gelar yang juga disaksikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X berlangsung di Gedung Rektorat UGM, Selasa (1/9/2015).

Rektor UGM Dwi Korita menjelaskan gelar honoris causa diberikan atas keberhasilan Kim Kwan-young mengentaskan kemiskinan di provinsinya, melalui pembudayaan gerakan spiritualitas desa atau yang disebut dengan Saemaul Undong Movement (SU).

“Di masa kepemimpinannya Kim mampu mendesain kebijakan publik berbasis gerakan SU untuk memberantas kemiskinan. Desa kecil yang awalnya miskin, mampu dibangkitkan semangat masyarakatnya untuk mengembangkan desanya menjadi desa milenium,” ujar Rektor UGM Dwi Korita dalam kata sambutannya.

Gerakan SU ini, lanjut Dwi, mampu mengubah mental, pembangunan, dan teknologi masyarakat desa di Korea menjadi semakin produktif dan kini telah menyebar ke dunia. Nilai-nilai SU dianggap selaras dengan nilai-nilai UGM dan bangsa Indonesia, yakni gotong royong dan kemandirian.

Juga, masih kata Dwi, selaras dengan prinsip Trisakti yang sedang digaungkan Presiden Jokowi. Pemberian gelar ini sekaligus sebuah upaya menjalin kerja sama untuk terwujudnya kesejahteraan dua negara melalui gerakan SU. “Ke depan, akan ada 10 desa di Indonesia yang menjadi pilot project penerapan SU,” kata Dwi.

Dalam acara yang sama, Gubernur DIY Sultan HB X menyambut baik kerja sama gerakan SU ini. Ia mengatakan gerakan SU sudah diterapkan di Gunung Kidul dan berhasil. “Semangat gotong royong dengan kebersamaan berlandas semangat SU sudah diterapkan di Gunung Kidul dan hasilnya positif. Sehingga kami akan memperluas lagi ke desa lainnya,” kata dia.

ugm.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − six =