UII Bersama ProDem Gelar Seminar Nasional Kemah Kedaulatan
News , August 14, 2015, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Campus Reporting News

uii

Dalam rangka menumbuhkan kembali kesadaran bersama tentang pentingnya menguatkan komitmen untuk mengurus tanah air Indonesia dan memperjuangan terbentuknya negara Indonesia yang berdaulat sesuai maksud pendiriannya, Universitas Islam Indonesia (UII) bekerjasama dengan Jaringan Aktivis ProDemokrasi (ProDem) akan menggelar seminar nasional bertajuk “Kemah Kedaulatan Memaknai 70 Tahun Kemerdekaan Indonesia”.

Seminar Nasional akan digelar pada 15 Agustus 2015 di Gedung Olah Raga (GOR) Ki Bagoes Hadikoesoemo, Kampus Terpadu UII. Seminar yang akan digelar dalam dua sesi ini mengundang para pakar dari berbagai bidang, antara lain Jend. (Purn.) Djoko Santoso (Mantan Panglima TNI), Taufik Rahzen (Budayawan), Dr. Rocky Gerung (Dosen Filsafat UI), Noer Fauzi Rachman, PhD (Prakarsa Desa), Prof. Dr. Mahfud MD (Pakar Hukum Tata Negara dari UII), Dr. Revrisond Baswir (Dosen UGM) dan Hilmar Farid, PhD (Budayawan).

Selain itu, dalam seminar ini rencananya juga akan disampaikan keynote speech oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X dan ditutup oleh penyampaian materi dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Kepala Bappenas, Drs. Andrinof Achir Chaniago, M.Si.

Disampaikan Ketua Majelis ProDemokrasi, H. Desmond J. Mahesa, S.H., M.H, Selasa (11/8) di Sasanti Restaurant & Lounge, Jl. Palagan Tentara Pelajar No. 52A, tinjauan dari ketiga aspek yakni politik, ekonomi, dan kebudayaan, memasuki usia 70 tahun sejak Proklamasi 1945 keadaan Tanah Air Indonesia kerap kali dinilai masih terlalu jauh dari yang di cita-citakan bersama sebagai bangsa yang maju, berdaulat, adil dan makmur.

Diungkapkan, H. Desmond J. Mahesa, S.H, sejauh ini bangsa Indonesia dinilai baru mampu melewati jembatan emas kemerdekaan, tetapi tidak berjalan ke tujuan pendirian Negara, melainkan justru berada pada situasi yang tidak diinginkan para pendiri bangsa, yakni terjerembab dalam posisi Tanah Air yang diisi mekanisme-mekanisme penjajahan yang baru.

Sementara Wakil Rektor III UII, Dr. Abdul Jamil, S.H., M.H. menuturkan bahwa demokrasi yang ada di UII pada dasarnya sejalan dengan program yang ada di ProDem. Memiliki gerakan yang sama, yaitu bagaimana gerakan meluruskan negara. “Alumni UII banyak yang berkiprah diberbagai posisi penting, bukan karena ketidak kesengajaan tetapi didesain sesuai dengan tujuan didirikan nya,” ungkapnya.

uii.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + 4 =