UII Realisasikan Program ASEAN Scholarship
News , September 14, 2015, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Campus Reporting News

uii

Universitas Islam Indonesia (UII) senantiasa berupaya meningkatkan peran dan kontribusinya bagi komunitas Muslim global. Mulai tahun akademik 2015/2016 ini, upaya tersebut diwujudkan melalui program UII ASEAN Scholarship, yakni program beasiswa penuh bagi calon mahasiswa dari negara-negara di wilayah ASEAN.

“Program UII ASEAN Scholarship dilatarbelakangi harapan UII untuk turut berperan dalam mencetak para pemimpin Islam Global dimasa yang akan datang,” Demikian diungkapkan Wakil Rektor III UII, Dr. Abdul Jamil, SH., MH. di hadapan awak media di Yogyakarta, Jumat (11/9).

Disampaikan Dr. Abdul Jamil, pada tahun akademik 2015/2016 ini, UII telah menerima 9 (sembilan) mahasiswa baru program Strata Satu (S1) yang berasal dari Pattani, Thailand. Mahasiswa yang diterima tersebut merupakan pelajar terpilih yang telah melalui seleksi dari UII. Oleh karenanya, mereka tidak hanya sekedar diterima, namun juga menerima beasiswa studi penuh di UII.

Dalam menjalankan proses seleksi ini seperti dipaparkan Dr. Abdul Jamil, UII memperoleh dukungan dan rekomendasi dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Thailand. Selain di Thailand peminat program UII ASEAN Schoarship menurutnya juga diminati beberapa negara ASEAN lainnya namun dianataranya masih terkendala perbedaan waktu pelaksanaan tahun ajaran baru. “Ada negara yang telah memulai kuliah, sehingga tidak bisa mengikuti program ini. Seperti Filipina yang tahun ajaran barunya lebih dulu,” paparnya.

Lebih lanjut disampaikan Dr. Abdul Jamil, ke sembilan mahasiswa Thailand yang telah diterima selanjutnya akan tersebar di beberapa jurusan untuk menjalani studi. Seperti di jurusan Hukum Islam, Ekonomi Islam, Ilmu Komunikasi, dan Hubungan Internasional.

uii.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 6 =